Pelayanan Imigrasi Surakarta Perlu Lebih Optimal
Getting your Trinity Audio player ready...
|
SURAKARTA (28 Desember): Pelayananan pembuatan paspor harus terus ditingkatkan dan dioptimalisasi guna mempermudah masyarakat khususnya di wilayah Surakarta, Jawa Tengah mendapatkan dokumen tersebut.
Penegasan tersebut dikemukakan anggota Fraksi NasDem DPR RI, Eva Yuliana ketika melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta, Jalan Adi Sucipto, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (27/12).
Dalam kunker tersebut, anggota Komisi III DPR RI itu melihat proses pembuatan e-paspor mulai dari pengajuan pembuatan hingga pengambilannya.
Eva mengapresiasi proses pembuatan e-paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta.
"Saya sudah melihat seperti apa pembuatan e-paspor. Itu sangat memudahkan pengguna paspor dalam pembuatan visa ketika mau melakukan perjalanan luar negeri," ujar Legislator NasDem itu.
Eva menambahkan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta masih memerlukan pengoptimalan dalam proses pelayanan. Apalagi, kantor tersebut melayani enam kabupaten dan satu kota yang tersebar di wilayah Solo Raya.
"Kantor imigrasi ini melayani pembuatan paspor masyarakat di Solo Raya, ada enam kabupaten, satu kota, malah mungkin ada beberapa yang berasal dari luar Solo Raya membuatnya di sini," terang Eva.
Optimalisasi pelayanan yang dimaksudkan, jelas politisi NasDem itu, bisa dilakukan dengan pembangunan beberapa kantor cabang.
"Butuh kepanjangan tangan berupa kantor-kantor kecil yang ada di beberapa daerah, agar memudahkan layanan pembuatan paspor," imbuhnya.
Dengan adanya kantor-kantor kecil di daerah itu, kata Eva, bisa meningkatkan pelayanan Kantor Imigrasi.
"Itu bisa meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik, lebih transparan, lebih akurat lagi karena paspor menjadi hal terpenting ketika masyarakat Indonesia berpergian ke luar negeri," tandasnya. (*)