Nova Paloh Desak Audit Menyeluruh Bank DKI Usai Gangguan Layanan Digital

Getting your Trinity Audio player ready...

JAKARTA (10 April): Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh, mendesak manajemen Bank DKI untuk segera melakukan audit menyeluruh terhadap sistem layanan digital mereka.

Desakan ini muncul setelah layanan perbankan digital Bank DKI mengalami gangguan selama lebih dari 10 hari, termasuk saat dan setelah libur Lebaran 2025.

Nova, yang juga Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPP Partai NasDem, mengatakan bahwa gangguan tersebut telah menimbulkan keresahan di tengah masyarakat, khususnya para nasabah yang sedang berada di luar kota untuk mudik dan mengalami kesulitan dalam melakukan transaksi digital.

“Tidak ada dana nasabah yang hilang, itu sudah diklarifikasi oleh pihak Bank DKI. Namun, kami tadi merekomendasikan untuk diaudit secara internal terlebih dulu, lalu audit eksternal melalui BPK maupun OJK,” ujar Nova di Jakarta, Rabu (9/4/2025).

Ia menegaskan, meski tidak terjadi kebocoran dana, audit tetap penting untuk menjaga kepercayaan publik. Nova juga menyoroti perlunya evaluasi terhadap sumber daya manusia (SDM) di tubuh Bank DKI, terutama untuk posisi-posisi strategis.

“Ini bukan hanya soal teknis, tapi sudah menyangkut kepercayaan masyarakat. Jangan sampai posisi penting diisi oleh SDM yang tidak kompeten,” katanya.

Nova mengungkapkan bahwa gangguan serupa bukan kali ini saja terjadi. Ia menyebut ini sudah kali keempat dalam beberapa waktu terakhir.

Oleh karena itu, ia mendesak agar evaluasi dilakukan menyeluruh, bukan hanya pada divisi teknologi informasi, melainkan juga pada struktur organisasi secara keseluruhan.

“Kalau ini sudah keempat kalinya terjadi, tentunya harus dievaluasi secara menyeluruh. Jangan hanya fokus pada satu divisi saja, tapi dilihat struktur keseluruhan,” tegasnya.

Selain itu, Nova menekankan perlunya pembaruan sistem IT di Bank DKI agar lebih andal dan tidak menimbulkan gangguan yang terus berulang. Ia meminta agar perbaikan dilakukan dengan cepat dan disertai laporan berkala kepada Komisi B DPRD DKI.

“Target waktu kami minta secepatnya. Jangan sampai masyarakat kehilangan kepercayaan. Kami akan pantau terus sampai sejauh mana progress perbaikannya,” demikian Nova.

(FM/WH/GN)

Add Comment