Amelia Dorong Pengutamaan Belanja Iklan pada Media Dalam Negeri
JAKARTA (11 Maret): Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Amelia Anggraini, meminta Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) mewajibkan kementerian, BUMN hingga pemda mengutamakan belanja iklan pada media nasional pelat merah dan swasta.
Amelia juga meminta penggunaan platform periklanan nasional, khususnya Tadex (Tanah Air Digital Exchange) yang dikembangkan oleh Telkomsel, ketimbang platform global seperti Adsense.
“Platform Tadex terbukti efektif dalam mengatur iklan yang etis, berkualitas tinggi, transparan, dan sesuai dengan norma hukum Indonesia, sekaligus mencegah masuknya iklan yang bersifat negatif seperti perjudian dan konten negatif lainnya,” ujar Amelia dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi I DPR dengan Kemkomdigi, TVRI, RRI, dan Antara, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (10/5/2025).
Legislator dari Dapil Dapil Jawa Tengah VII (Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Purbalingga) itu mengatakan, kebijakan itu juga mampu mendorong pertumbuhan industri kreatif nasional secara signifikan.
Lebih lanjut Amelia meminta pemerintah mencermati biaya periklanan. Platform global telah menyedot biaya iklan hingga triliunan atau bahkan puluhan triliun rupiah, yang seharusnya dapat berputar di dalam negeri untuk mendukung ekosistem periklanan nasional.
“Optimalisasi kebijakan ini tidak hanya sebatas mendorong penggunaan platform lokal, tetapi juga memastikan agar belanja iklan dalam negeri dapat memberikan dampak ekonomi yang lebih luas bagi industri media dan kreatif Indonesia,” tukas Amelia.
(Yudis/*)