Sahabat Lestari Konsisten Peduli Pandemi Covid-19

Sahabat Lestari Konsisten Peduli Pandemi Covid-19

  • 18 Mei 2020
  • 7

JAKARTA (18 Mei): Anggota DPR RI dari Dapil Jawa Tengah II yang juga Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat kembali menyalurkan bantuan di tengah pandemi Covid 19 kepada masyarakat di Jepara, Kudus dan Demak, Jateng. Bantuan tersebut disalurkan melalui Sahabat Lestari pada Minggu (17/5).

Khoirul Anwar, Koordinator Pelaksana Sahabat Lestari mengatakan penyerahan paket buka puasa bagi paramedis di RSUD Sunan Kalijaga, Demak, merupakan rangkaian kegiatan peduli Covid yang telah dimulai Rerie, panggilan akrab Lestari, sejak awal merebaknya pandemi tersebut.

“Paket buka puasa ini adalah salah satu bentuk terima kasih dan dukungan untuk para tenaga medis yang sedang bertugas di baris depan melawan Covid-19. Kegiatan ini merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan dari  seluruh kegiatan Sahabat Lestari Peduli Covid-19,” kata Khoirul.

Melalui Sahabat Lestari, kata Khoirul, secara berkesinambungan, Rerie juga melakukan kegiatan sosialiasasi dan menyalurkan sejumlah bantuan khusus sebagai upaya penanggulangan wabah Covid-19 di Jepara, Kudus, dan Demak. 

Bantuan yang telah disalurkan antara lain 10 ton beras bagi mereka yang membutuhkan. Selain itu, sejak awal pandemi Sahabat Lestari juga aktif melakukan sosialisasi untuk pencegahan Covid-19 melalui penyebaran lebih dari 30 ribu lembar flyer berisi informasi protokol penanganan Covid-19, penerbitan  tulisan, sosialiasi menggunakan sosial media, iklan layanan masyarakat, hingga pemasangan spanduk panduan di beberapa titik strategis.

“Bantuan lain yang disalurkan adalah memberikan alat pelindung diri (APD) dan hand sanitizer untuk sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 seperti RSUD Sunan Kalijaga, RSUD Dr Loekmonohadi, RSI Sunan Kudus, RS Aisyiyah dan RS Graha Husada, Jepara,” sambung Khoirul.

Sahabat Lestari juga melakukan sosialisasi gerakan penggunaan masker dengan membagikan 5.000 masker secara langsung ke publik, dan secara khusus kepada awak armada angkutan kendaraan umum.

Tidak sebatas itu, Sahabat Lestari  juga melakukan pemberdayaan UMKM khusus disabilitas dan perempuan melalui Garnita Kudus, Jepara dan Demak dengan melakukan  pemesanan masker kepada UMKM dan menyediakan bahan baku masker kelompok-kelompok perempuan.

Menurut Khoirul, sejak awal pandemi, Sahabat Lestari bergerak cepat dengan langsung melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di 1.262 titik yang tersebar pada 89 desa.

“Mengingat tingkat positif Covid-19 masih terus bertambah, perjalanan melawan pandemi masih panjang. Hal itu memerlukan solidaritas bersama. Semoga kita semua diberi keselamatan dan segera beraktivitas normal kembali,” ujar Khoiril dalam keterangan tertulisnya.[*]
,