Endre Saifoel

 

Endre SaefoelSebagai pengusaha tambang, Endre Saefoel tentu bukan nama baru di Sumatra Barat.   Sosok yang justru akrab disapa Haji Wen ini memang asli putra daerah Sumbar kelahiran Muara Kelaban 29 Juli 1972.  Sebagai putra daerah, Haji Wen tahu betul bumi Sumatra Barat yang kaya akan hasil tambang. Namun sayang, kekayaan perut bumi itu belum mampu membawa kesejahteraan menyeluruh bagi seluruh masyarakat Sumbar.

Ruang lingkup sumber daya mineral dan energi bagi pengusaha muda ini tentu bukan hal baru.  Oleh karenanya, Endre melihat meskipun alam yang kaya dan subur, namun Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumbar masih jauh dari yang diharapkan, bahkan kalah dari provinsi tetangga.

Sebagai orang muda yang penuh idealisme, Haji Wen tentu ingin membenahi situasi seperti itu. Salah satunya adalah dengan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang duduk di Senayan. Maka menjadi politisi adalah pilihan, dan Partai NasDem menjadi pilihannya .  Pertimbangannya karena NasDem adalah partai baru, mempunyai agenda restorasi, perubahan dan bersih.

Dengan perolehan 38.249 suara dari daerah pemilihan Sumbar I yang meliputi Pesisir Selatan, Solok, Sijunjung, Tanah Datar, Kepulauan Mentawai, Dharmasraya, Solok Selatan, Padang, Kota Solok, Kota Sawahlunto dan Kota Padang Panjang, akhirnya  ayah dua anak ini bisa sampai di Senayan.  Di DPR, suami Cempaka Putri ini duduk di Komisi VII yang membidangi energi sumber daya mineral, riset & teknologi serta lingkungan hidup.

Pendidikan:

  1. 1979-1985, SD, Sawah Lunto
  2. 1985-1988, SMP, Padang
  3. 1988-1991, SMA, Padang

Riwayat Organisasi dan Pekerjaan :

  1. 1995-1995, Gapensi, Padang
  2. 1995-1995, Direktur PT Centra Buana, Padang    (*)
%d bloggers like this: