NasDem dan Party ID
NasDem
NasDem dan Party ID

DALAM berbagai kesempatan, Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem, mengemukakan bahwa partai politik mengalami krisis kepercayaan rakyat. Partai NasDem hadir sebagai ikhtiar untuk mengembalikan kedudukan, peran penting dan strategis partai dalam sistem ketatanegaraan Indonesia. Pandangan Pak Surya itu diperkuat dengan hasil survei yang menempatkan partai politik sebagai lembaga dengan tingkat kepecayaan rakyat terendah.

Peta Jalan Politik Restorasi 2.0
NasDem
Peta Jalan Politik Restorasi 2.0

SEBELUM 1697, orang-orang Eropa percaya bahwa semua angsa berwarna putih. Sampai dengan penemuan angsa hitam oleh penjelajah Belanda, Willem de Vlamingh, pada 1697 di Australia bagian barat. Penemuan itu membuat orang-orang Eropa terkejut. Fenomena angsa hitam oleh Nasim Talleb dalam The Black Swan: The Impact of the Highly Improbable diteorisasikan sebagai kejadian langka yang tidak terbayangkan dan mengakibatkan perubahan besar.

Refleksi Makna dan Tanggung Jawab Kader di Masa Depan
NasDem
Refleksi Makna dan Tanggung Jawab Kader di Masa Depan

“Saya ucapkan selamat ulang tahun ke-9 kepada Keluarga Besar Partai NasDem dan sekaligus selamat menjadi partai besar yang disegani.”

PERNYATAAN di atas saya kutip dari pidato Presiden RI, Joko Widodo saat menghadiri acara puncak HUT ke-9 Partai NasDem yang dilaksanakan secara virtual di Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, Jakarta Rabu, (11/11). 

Anak Muda dalam Setahun Pemerintahan Jokowi- Ma'ruf Amin
NasDem
Anak Muda dalam Setahun Pemerintahan Jokowi- Ma'ruf Amin

Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dalam berbagai kesempatan termasuk saat kampanye akbar yang digelar pada 13 April 2019 di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, menekankan pentingnya memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam upaya mewujudkan Indonesia yang hebat. Maka di periode kepemimpinannya yang kedua kini, pemerintah lebih menekankan membangun SDM, setelah di periode pertama fokus dengan pembangunan infrastruktur. SDM yang mumpuni tersebut nantinya diharapkan mampu mendorong UMKM untuk "go digital". 

Momentum Lompatan Besar
NasDem
Momentum Lompatan Besar

PANDEMI yang belum juga usai, membuat kita masih berada dalam situasi sulit. Situasi yang memaksa kita untuk mencari keseimbangan dari banyak pilihan yang dilematis. Kemanusiaan dengan kemiskinan, kematian dengan kelaparan. 

Catatan Pilkada Gresik 2020:  Mempertahankan Lebih Sulit Ketimbang Merebut
NasDem
Catatan Pilkada Gresik 2020: Mempertahankan Lebih Sulit Ketimbang Merebut

Berbeda dengan pilkada sepuluh tahun terakhir yang diikuti banyak calon, kini Pilkada Gresik 2020 hanya diikuti dua pasangan calon kepala daerah, yakni Mohammad Qosim (petahana)-Asluchul Alif (QA) versus Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah (NIAT). 

Banyak pihak menyebut pilkada di kota santri itu akan berlangsung seru dan sangat menarik untuk dikaji, karena pertarungan head to head bakal berjalan begitu ketat dan kompetitif.

Menariknya lagi, kedua pasangan calon itu sama-sama memiliki jaringan dan basis dukungan kuat di masyarakat, serta sama-sama memiliki kemampuan logistik memadai.

Jalan Mujahadah Paloh Menuju Restorasi Politik
NasDem
Jalan Mujahadah Paloh Menuju Restorasi Politik

TRADISI membaca, memahami, menginternalisasi, serta menegosiasi nilai pemikiran dan keteladanan tokoh dalam konteks gerakan sosial-politik adalah jalan “benar” yang seharusnya ditempuh generasi muda dewasa ini. Ada sebuah adagium: “Pemikiran tanpa gerakan akan melahirkan intelektualisme, sementara gerakan tanpa pemikiran akan melahirkan anarkisme”. 

Memilih Manusia Politik bukan Politisi
NasDem
Memilih Manusia Politik bukan Politisi

INDONESIA akan menyelenggarakan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020, setelah ditunda akibat bencana non-alam pandemi Covid-19. Pemerintah, DPR, dan KPU menyepakati untuk melanjutkan tahapan dan proses penyelenggaraan Pilkada serentak. Untuk merespon hal itu, pemerintah mengeluarkan Perppu Nomor 2 Tahun 2020 sebagai dasar hukum melanjutkan tahapan Pilkada itu.

Reforma Ruang Udara Indonesia
NasDem
Reforma Ruang Udara Indonesia

PERJALANAN keliling Tanah Air adalah momen yang menyenangkan bagi saya. Untuk menikmati betapa kaya dan beragamnya keindahan negeri ini, juga untuk menyerap energi perubahan yang terhampar di sepanjang perjalanan. 

Dialog, Jejak Peradaban Bangsa
NasDem
Dialog, Jejak Peradaban Bangsa

BEBERAPA tahun lalu, satu kejadian yang cukup menghebohkan terjadi di jagat Twitter. Kala itu, ada seorang selebtwit mengunggah sebuah cerita sejarah para pendiri bangsa. Sebuah dialog imajiner antartokoh Soekarno, Soepomo, Yamin, Agoes Salim, dan lainnya, bicara tentang usulan dasar negara. Betapa ringan sejarah perumusan dasar negara diceritakan dalam sebuah dialog tersebut. Sidang dialogis BPUPK dalam proses lahirnya Pancasila dan UUD 1945 tersaji dengan apik di sana. 

Pertanian Penyelamat dari Jurang Resesi
NasDem
Pertanian Penyelamat dari Jurang Resesi

ANCAMAN resesi tengah menghantui perekonomian global. Negara-negara maju (Advanced Industrial Country) sedang mangalami situasi yang sulit tak terkecuali negara-negara emerging market seperti Indonesia. Kabar baik akhir tahun 2019 tiba-tiba lenyap akibat pandemi. 

Memuliakan (Kaum) Sarinah
NasDem
Memuliakan (Kaum) Sarinah

SAYA  namakan kitab ini Sarinah sebagai tanda terima kasih saya kepada pengasuh saya ketika saya masih kanak-kanak. Pengasuh saya itu bernama Sarinah. Ia “mbok” saya… Dari dia, saya banyak mendapat pelajaran mencintai “orang kecil”. Dia sendiri pun “orang kecil”, tetapi budinya selalu besar! (Ir. Sukarno)

NasDem dan Langkah agar Jokowi tidak Sendirian
NasDem
NasDem dan Langkah agar Jokowi tidak Sendirian

"BAPAK Presiden, Anda tidak sendirian," begitu kata-kata Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, saat membuka E-workshop Kaderasi dan Pendidikan Politik Kader Penggerak Partai NasDem di Akademi Bela Negara (ABN) NasDem, Kamis (16/7) lalu.

Kedaulatan Data Pribadi
NasDem
Kedaulatan Data Pribadi

SELEBTWIT Denny Siregar meradang saat mendapati data pribadinya muncul dalam sebuah unggahan akun anonim di jagat Twitter. Dia menggugat Telkomsel selaku pihak yang diyakini sebagai pengendali data dirinya, yang tidak mampu menjaga kerahasiaan data pribadinya. 

Belajar dari Konsistensi IGK Manila
NasDem
Belajar dari Konsistensi IGK Manila

I GUSTI Kompyang Manila yang sering ditulis IGK Manila lahir di Singaraja, Bali, tanggal 8 Juli 1942. Berarti  pak Manila  berulang  tahun ke 78.  IGK Manila adalah salah satu orang yang paling unik di Indonesia.  Karirnya unik, pengabdiannya unik, prestasinya unik, sisi hidupnya serba unik. Unik dan orisinal.