News Detail

Kader NasDem di Eksekutif Harus Kesampingkan Ego Sektoral

Kader NasDem di Eksekutif Harus Kesampingkan Ego Sektoral

  • 03 April 2021
  • 41
  • NasDem Sulteng
  • Ahmad M Ali

PALU (3 April): Dalam setiap rapat koordinasi wilayah (Rakorwil), Partai NasDem ingin menyiapkan sistem keanggotaan partai hingga ke tingkat desa, sebelum memasuki tahapan verifikasi faktual partai politik oleh KPU pada tahun 2022. 

Bukan hanya itu, tujuan rakorwil tersebut adalah untuk memanaskan mesin partai dan mendorong para kader membangun basis kuat melalui berbagai program yang berlandaskan kebutuhan masyarakat di daerah. 

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad M Ali saat membuka Rakorwil Partai NasDem Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) di Palu, Sulteng, Jumat (2/4). 

“Semua pemimpin partai harus mampu melayani struktur partai untuk melakukan konsolidasi. Semua kantor partai harus berbasis kepentingan publik. Partai NasDem Sulawesi Tengah harus terbuka untuk melayani kepentingan publik,” kata Ali.

Partai NasDem Sulawesi Tengah merupakan salah satu DPW yang terbilang berhasil memenangkan posisi strategis di Pemilu 2019. 

Ketua DPRD Provinsi Sulteng saat ini diduduki kader Partai NasDem, Nilam Sari Lawira. Selain menempati pucuk pimpinan legislatif provinsi, pada Pilkada 2020, pasangan calon Rusdy Mastura-Ma’mun Amin yang dicalonkan Partai NasDem berhasil menjadi Gubernur-Wakil Gubernur Sulteng terpilih. 

Ahmad Ali pun mengakui hal tersebut merupakan modal pengalaman besar bagi Partai NasDem untuk bertarung pada kontestasi 2024. Akan tetapi, Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI itu mengingatkan adanya tanggung jawab besar Partai NasDem bagi masyarakat Sulawesi Tengah yang harus dibuktikan melalui kerja-kerja nyata.  

“Untuk itu saya minta kepada kader Partai NasDem, khususnya di eksekutif, kekuasaan yang diberikan kepada kita ini untuk membangun Sulawesi Tengah. Kita harus mengesampingkan ego sektoral kita,” tegas Ali. 

Di tempat yang sama, Gubernur Sulteng terpilih, Rusdy Mastura mengatakan akan mempersiapkan diri untuk menyelesaikan masalah pascabencana di Sulawesi Tengah jelang pelantikannya. Ia optimistis masyarakat Sulawesi Tengah telah menempatkan kepercayaan pada partai tempatnya bernaung saat ini. 

“Saya ingin menyelesaikan masalah bencana yang begitu memilukan. Kemudian masalah kemiskinan harus bisa kita selesaikan. Saya yakin rakyat percaya kepada NasDem ke depan,” tegas Rusdy.  

Dalam rakorwil itu, jajaran DPP Partai NasDem juga akan memberikan sejumlah pelatihan terkait struktur partai maupun pembahasan isu terkini terkait pembangunan daerah. 

Hadir dalam rakorwil ini di antaranya anggota Majelis Tinggi Partai NasDem Lestari Moerdijat, Ketua Koordinator Bidang Ideologi, Organisasi dan Kaderisasi DPP Partai NasDem, Sri Sajekti Sudjunadi, Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP Partai NasDem, Rusdi Masse Mappasesu, Ketua Bidang Kaderisasi dan Pendidikan Politik DPP Partai NasDem, Ahmad Baidowi, serta fungsionaris DPP Partai NasDem lainnya. 

Selama tahun 2021, Partai NasDem menargetkan akan menggelar rakorwil di seluruh provinsi di Tanah Air.(MI/*)