News Detail

GP NasDem Sumut Gelar Program PSP Selama Ramadan

GP NasDem Sumut Gelar Program PSP Selama Ramadan

  • 02 Mei 2021
  • 40
  • Garda Pemuda NasDem Sumut
  • Defri Noval Pasaribu

MEDAN (2 Mei): Garda Pemuda NasDem Sumatera Utara (Sumut) memberikan wakaf Al Qur’an kepada rumah-rumah Tahfiz (penghafal Al Quran) di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang, Sumut, Sabtu (1/5). Kegiatan yang dilakukan di Bulan Ramadan itu tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat karena masih berada di masa pandemi Covid-19.

Ketua DPW Garda Pemuda NasDem Sumatera Utara, Defri Noval Pasaribu, menjelaskan, kegiatan Garda Pemuda NasDem dalam Ramadan tahun ini sesuai dengan instruksi Ketua Umum DPP Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh, agar seluruh jajaran Garda Pemuda NasDem se Indonesia melaksanakan program Peran Spiritual Pemuda (PSP).

“Di masa pandemi, GP NasDem Sumut tetap melaksanakan kegiatan mengisi bulan Ramadan dalam upaya mendukung program Peran Spiritual Pemuda yang dicanangkan Prananda Surya Paloh dalam mengisi kegiatan bulan Ramadan 1442 H tahun ini,” kata Defri.

Kegiatan tersebut berupa pembagian takjil berbuka, sahur bersama, tadarusan dan khataman Al Qur’an. 

“Dari berbagai program (PSP) pada Ramadan ini, GP NasDem lebih memilih menyalurkan bantuan Al Qur’an kepada rumah–rumah tahfiz yang ada di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang,” kata Defri di sela penyerahan Al Qur’an, pangan berbuka puasa dan uang saku bagi santri Tahfiz Al Quran Daarul Qur’an Medan dan Rumah Tahfiz Qur’an Al Istiqamah Percut Sei Tuan Deli Serdang.

Diakui Defri, program bantuan wakaf Al Qur’an pada rumah tahfiz telah dilaksanakan rutin sejak dua tahun lalu oleh Garda Pemuda NasDem Sumut. 

“Ini program rutin GP NasDem Sumut. Program ini telah kami laksanakan sejak dua tahun lalu.  GP NasDem melihat pentingnya mensupport rumah tahfiz yang ada, karena dari sini ahklaq dan adab generasi penerus dihasilkan,” katanya. 

Defri menambahkan, banyak dermawan yang luput membantu rumah tahfiz. Padahal seperti juga kegiatan luar sekolah, lembaga seperti rumah tahfiz juga membutuhkan bantuan dari berbagai pihak.

Melihat kondisi tersebut, GP NasDem Sumut lebih fokus untuk membantu rumah tahfiz yang tersebar di berbagai daerah di Sumatera Utara, utamanya di sekitar Kota Medan, Deli Serdang, Kota Binjai dan Serdang Bedagai. 

“Kita berharap dengan bantuan Al Qur’an ini dapat meningkatkan semangat para santri dalam murojaah (metode mengulang) hafalannya. Dan tentunya dapat meringankan para pengelola rumah tahfiz Al Qur’an dalam hal pengadaan fasilitas tahfiz Al Qur’an,” kata Defri Noval yang didampingi sejumlah pengurus  GP NasDem Sumut.(RO/*)