News Detail

Badan Rescue NasDem Door to Door Hampiri Korban

Badan Rescue NasDem Door to Door Hampiri Korban

  • 07 Januari 2019
  • 2372
  • Badan Rescue NasDem



PANDEGLANG (7 Januari): Badan Rescue NasDem hari ini, Senin (7/1), mengakhiri masa tugasnya membantu korban tsunami Selat Sunda di wilayah Pandeglang, Banten. Selama melakukan masa bakti menangani kesehatan korban bencana, setidaknya tercatat tim Emergency Medical Team (EMT) Badan Rescue NasDem (BRND) telah menangani 1.022 pasien dari berbagai kalangan usia.


"Hari ini kami telah selesai melakukan kegiatan dalam menangani korban bencana tsunami Selat Sunda di wilayah Padeglang dan sekitarnya. Sejak awal kami memang ditugaskan hanya satu minggu," ungkap Ketua Tim Lapangan BRND, Yudhi Aulia Rahman kepada partainasdem.id, Senin (7/1).

Lebih jauh Yudhi  mengungkapkan, pelayanan kesehatan bagi para korban terdampak tsunami Selat Sunda khususnya, relatif sudah tertangani dengan baik.


"Sejak  hari kedua peristiwa tsunami, stake holder di sini sudah sangat baik menjalankan EMT (emergency medical team) mulai dari BNPB, Basarnas, PB IDI, NGO serta BRND termasuk bagian di dalamnya," papar Yudhi. 

Selama melakukan bantuan kesehatan, Yudhi juga menerangkan, tim rescue NasDem bukan hanya membuka posko-posko kesehatan dengan cara berkeliling dari desa ke desa, tetapi juga melakukan kunjungan dari rumah ke rumah.


 Menurutnya, hal itu biasa dilakukan tim rescue NasDem saat membantu kesehatan korban bencana.


"Kami melakukan door to door karena melihat banyaknya anggota masyarakat terdampak yang kesulitan moda transportasi menuju posko kesehatan, oleh karena itu tim rescue NasDem melakukan home visit yang dilakukan secara intens," terang Yudhi.

Dengan berakhirnya masa bakti BRND di daerah bencana, khususnya di Banten kali ini, ia mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak yang telah membantu kelancaran tugas tim rescue NasDem. 


"Kehadiran tim rescue NasDem dan seluruh relawan yang ada di lokasi tentunya sangat berarti dan ini adalah indikator positif, bahwasanya bangsa kita ini memiliki nilai persatuan yang sangat kuat dan kepedulian yang sangat tinggi antar suku dan agama," pungkas Yudhi.(*)