Opini Detail

Arti Kepemimpinan ABN Partai NasDem

Arti Kepemimpinan ABN Partai NasDem

  • 16 Agustus 2017
  • 332
 

Oleh: Wiganda Vebrianto Putra

Mahasiswa ABN Utusan NasDem Jateng

 

Pengertian kepemimpinan secara luas yaitu suatu proses mempengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya. Dalam arti khusus pembelajaran di Akademi Bela Negara (ABN) tentang kepemimpinan merupakan pembelajaran primer atau sebagai pokok yang harus dikuasai oleh setiap Mahasiswa.



Kepemimpinan yang baik dan berintegritas tidak hadir begitu saja, tanpa melalui proses atau tempaan dari pembalajaran serta pengalaman yang banyak. Dasar dari kepemimpinan itu harus ada niat, kerja keras dan kesinambungan. Teori kepemimpinan yang di ajarkan terpatri dalam tiga konsep dasar ABN yaitu Aspek Kepribadian, Aspek Kebangsaan dan Aspek Kepartaian.

Penjabaran dari tiga pokok aspek tersebut pertama yaitu kepribadian, yang antara lain penguatan identitas diri, cara berfikir kritis dan kreatif komunikasi efektif dan moralitas. Kaitannya dengan kepemimpinan tentunya sangat relevan.  Hal ini karena menjadi seorang pemimpin harus memiliki pribadi yang mampu me-manage diri serta mampu mengimplementasikannya kepada orang lain.



Kedua yaitu aspek kepartaian. Pada materi ini mahasiswa selain diajarkan tentang partai politik dan hukum pemerintahan, tetapi juga diajarkan mengenai ideology. Ideologi merupakan ide atau gagasan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Kaitannya dengan sistem politik dan kepemimpinan, ideologi sangat penting dan sangat fundamental harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Partai NasDem memiliki ideologi yang jelas yaitu Restorasi atau gerakan perubahan yang menanamkan semangat, gelora dan dorongan untuk bisa berubah dari keadaan yang kurang baik ke arah yang lebih baik.

Ketiga adalah aspek kebangsaan yang meliputi beberapa materi antara lain tentang nasionalisme dan patriotisme yang mengajarkan untuk cinta tanah air, Pancasila serta sesama manusia. Nilai kebangsaan ini penting dimiliki oleh seorang pemimpin melalui norma dan nilai yang terkandung didalamnya.

Jadi nilai kepemimpinan yang diajarkan di ABN Partai NasDem selain dari tiga aspek yaitu Kepribadian, Kepartaian dan Kebangsaan, seorang pemimpin juga harus bisa mencetak pemimpin-pemimpin baru yang hebat dan juga seorang pemimpin harus berani bermimpi tentang apa yang harus dicapai untuk sesuatu yang lebih baik. Salah satunya yaitu dengan Gerakan Perubahan untuk Indonesia yang lebih baik.(*)

 

Wiganda Vebrianto Putra

Mahasiswa ABN Utusan NasDem Jawa Tengah

 
,