News Detail

NasDem Terima  Masyarakat Adat Sihaporas

NasDem Terima Masyarakat Adat Sihaporas

  • 08 Oktober 2019
  • 80
  • DPP NasDem
  • Martin Manurung

NasDem Terima  Masyarakat Adat Sihaporas


JAKARTA (8 Oktober): Ketua DPP NasDem yang juga anggota DPR RI Fraksi NasDem Martin Manurung menerima audiensi masyarakat Adat Sihaporas, Simalungun,  Sumatera Utara,  melalui Lembaga Adat Keturunan Ompu Mamontang Laut Ambarita Sihaporas (Lamtoras) di DPP Partai NasDem, Jalan RP Soeroso Gondangdia,  Jakarta Pusat,  Selasa (8/10).


Melalui Ketua Lamtoras Judin Ambarita dan Wakilnya Mangi Tua Ambarita, mereka mengungkapkan konflik agraria dan penangkapan warga yang dialami masyarakat Adat Sihaporas.


"Konflik masyarakat kami dengan PT Toba Pulp Lestari (TPL), tepat tanggal 16 September lalu masyarakat  diusir secara paksa, dengan alasan kami tidak boleh menanam jagung di area tersebut, dan itu adalah lahan kami, sudah ada surat-surat yang dikeluarkan ATR/BPN," tutur Mangi Tua Ambarita, saat melakukan audiensi.

Karena insiden tersebut dua warga Sihaporas ditahan oleh pihak kepolisian. Disayangkan pihak berwajib tidak kooperatif dan melakukan intimidasi kepada masyarakat Sihaporas.


"Kedua anggota masyarakat kami akan dibebaskan dengan syarat harus melepas kepemilikan lahan adat kami dan tidak melakukan pengakuan terhadap tanah tersebut, itu sama saja mengkhianati opung kami," tegasnya dalam menyampaikan kronologi kasus tersebut kepada pihak Partai NasDem.

Terhadap sengketa lahan dan konflik sosial yang terjadi pada masyarakat Sihaporas, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatra Utara, Partai NasDem akan melakukan tindakan cepat dengan mengadvokasi permasalahan mereka.


"Sebagai langkah awal Partai NasDem akan menugaskan Badan Advokasi Hukum NasDem untuk mendampingi proses hukum bagi masyarakat Adat Sihaporas," kata Martin Manurung.

Hal ini dilakukan agar masyarakat Sihaporas mendapatkan hak-haknya sebagai warga negara dengan adil. Diharapkan  ada solusi yang terbaik untuk seluruh pihak yang bersangkutan, pendampingan ini akan dilakukan Partai NasDem sampai kasus ini selesai.


"Pasti prosesnya tidak sebentar. Karena kasus ini bukan hanya insiden semata, melainkan beragam aspek, seperti kebijakan negara yang berdampak kepada masyarakat," ucapnya.

Di sisi lain Ketua Lamtoras mengatakan alasan memilih audiensi dengan Partai NasDem, karena Partai NasDem cukup terbuka dan responsif dalam menyerap aspirasi masyarakat.


"Kami memilih NasDem karena saya dikasih tahu bahwa Partai NasDem cepat menanggapi aduan-aduan masyarakat. Kami sangat berharap kepada Partai NasDem," kata Judin Ambarita, Ketua Lamtoras.(*)
Berita Terkini