News Detail

Empat Langkah Politik Ciptakan Soliditas Nasional

Empat Langkah Politik Ciptakan Soliditas Nasional

  • 23 Oktober 2019
  • 73
  • DPP NasDem
  • Dialog Selasa



JAKARTA (23 Oktober): Anggota DPR RI Fraksi NasDem Johnny G Plate memaparkan, ada empat langkah politik untuk menciptakan soliditas nasional sebagai proyeksi ekonomi 2020 di Indonesia.


Menurut Johnny, langkah pertama adalah dengan membangun soliditas nasional melalui komunikasi nasional yang terjalin dengan baik di segala elemen. 


"Membangun soliditas nasional menjadi modal dasar dalam membangun ekonomi, salah satu contohnya silaturahmi nasional saat NasDem bertemu dengan Gerindra. Itulah langkah-langkah dalam menjalin kekuatan soliditas ekonomi," ujar Johnny G Plate saat menjadi narasumber Dialog Selasa Partai NasDem di Auditorium DPP Partai NasDem, Jakarta, Selasa (22/10).

Kedua, menurut Johnny,  deregulasi. Karena regulasi yang terlalu banyak untuk ekonomi Indonesia menciptakan ketidaknyamanan dalam dunia investasi. 


"Harus lakukan deregulisasi, karena regulasi di Indonesia hampir 4.200. Itulah yang menyebabkan mandeknya usaha-usaha ekonomi masyarakat, terlebih usaha kecil. Maka perlu penyederhanaan regulasi agar terciptanya kondusivitas dunia investasi," terang Johnny.

Dia menambahkan, setelah deregulasisasi, maka langkah ketiga adalah harus dilakukan pendekatan fungsional menciptakan penugasan-penugasan yang jelas, dibandingkan dengan penekanan struktural. 


"Terakhir adalah, memperhatikan sumber daya alam yang tidak terbarukan. Harus ada peralihan sumber daya alam yang terbarukan," kata Sekjen Partai NasDem ini.

Johnny juga mengimbau kaum millenial harus sudah menengok kemajuan digitalisasi. Kaum muda harus bisa memaksimalkan kemajuan teknolgi tersebut dan menciptakan ekonomi kreatif. 


Menurut politisi yang digadang jadi menteri kabinet Jokowi periode dua ini, dalam proyeksi ekonomi Indonesia yang terpenting adalah menciptakan kondusivitas ekonomi. 


"Saya percaya tahun 2020 stabilitas politik akan tercipta.  Pemerintah wajib menjaga kualitas ekonomi Indonesia agar dapat bersaing dengan dunia international," pungkasnya. 

Pembahasan tentang Proyeksi Ekonomi 2020 ini digelar sebagai rangkaian Pra Kongres II Partai NasDem, sebagai sarana penampungan gagasan untuk dibawa sebagai acuan pejuangan Partai NasDem.(BA/*)