News Detail

Pansus DPR Lebih Tepat Selesaikan Masalah Jiwasraya

Pansus DPR Lebih Tepat Selesaikan Masalah Jiwasraya

  • 15 Januari 2020
  • 103
  • Fraksi NasDem
  • Saan Mustopa

JAKARTA (15 Januari): Pembentukan Panitia Khusus (Pansus) dinilai lebih tepat dibandingkan pembentukan Panitia Kerja (Panja) karena akan lebih fokus pada kepentingan rakyat banyak dalam mencari jalan keluar terbaik dalam masalah Asuransi Jiwasraya.


Hal tersebut dikemukakan Sekretaris Fraksi NasDem DPR RI, Saan Mustopa seusai Forum Group Discussion (FGD) bertemakan Jiwasraya: Nasibku-Nasibmu Jua, Solusi Carut Marut Jiwasyara di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Rabu (15/1).

 

Menurut Saan, yang paling penting adalah bagaimana menyelamatkan dana para nasabah dan mencari jalan keluar dari sistem Jiwasraya agar tidak berdampak terhadap asuransi-asuransi lainnya.


Legislator NasDem yang juga Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu menilai dalam kasus Jiwasraya ada banyak hal seperti kejahatan korporasi karena ada dugaan tindak pidana korupsi.


Menurut Saan, perlu ada perlindungan terhadap nasabah. Jangan sampai masa depan nasabah menjadi tidak jelas, sehingga bagaimana pertanggungjawaban negara, dalam hal ini Jiwasraya terhadap nasabah.


Selain itu, agar dari kasus Jiwasraya, nanti soal kelemahan-kelemahan menyangkut sistem, regulasi, atau menyangkut celah-celah di perusahaan bisa diketahui kemudian ditata menjadi lebih baik.


Saan juga mengatakan dalam masalah penegakan hukum di Jiwasraya harus pula diiringi dengan perbaikan perundang-undangan yang berlaku.


"Penegakan hukum tidak cukup menyelesaikan masalah Jiwasraya. Artinya harus seiringan dengan perbaikan dalam undang-undang," kata Saan lagi. (EH/*)