Sosok Detail

Johnny Plate, Politisi Terbaik di Senayan

Johnny Plate, Politisi Terbaik di Senayan

  • 14 November 2017
  • 341

POLITISI NasDem Johnny G Plate mempunyai cita-cita ingin mengubah daerah kelahirannya Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi lebih baik. Visinya adalah bagaimana masyarakat NTT mendapatkan pemimpin yang mampu mengubah mindset masyarakat. Pemimpin yang tidak mewariskan sikap meminta-minta atau yang dalam istilah Manggarai, dikenal dengan ‘ngende’. 


"Tidak hanya NTT. Indonesia benar-benar membutuhkan pemimpin yang memiliki komitmen untuk mengembangkan potensi-potensi lokal," tutur Johnny. 


Untuk mewujudkan visi dan cita-citanya tersebut, Johnny terpanggil bergabung bersama Partai NasDem. Sebuah partai yang ia nilai dapat membawa harapan dan perubahan bagi masyarakat NTT yang mayoritas masih berasal dari kalangan kurang mampu. 


Suami dari Maria Ana dan ayah dari tiga orang anak ini merupakan sarjana lulusan Universitas Katolik Atmajaya, Jakarta pada 1986. Sebelum aktif menjadi politisi, Johnny sudah dikenal sebagai pengusaha yang sukses. 

Bisnisnya dimulai pada awal tahun 1980-an dengan memproduksi alat-alat kebutuhan perkebunan yang kala itu marak lantaran bersamaan dengan pembukaan ke Kalimantan atau Irian Jaya yang saat ini kita kenal dengan Papua. 


Sukses di alat pertanian, Johnny Plate bersama teman-temannya melebarkan bisnisnya ke dunia transportasi. Bahkan Johnny juga pernah menjabat sebagai direktur sebuah perusahaan transportasi udara besar di Asia, yaitu Air Asia. 


Bersama NasDem, putra kelahiran Ruteng, Flores 10 September 1956 ini sukses melenggang menjadi politsi Senayan periode 2014-2019. Kala itu Johnny mewakili daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur I yang terdiri dari Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Ngada, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Ende, Kabupaten Sikka, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Lembata dan Kabupaten Alor. 


Kariernya di dunia politik berjalan mulus. Ia terpilih sebagai salah satu dari 10 anggota DPR RI terbaik 2017 versi Panggung Indonesia (PI). PI merupakan sebuah lembaga konsultan independen yang aktif menilai kinerja para wakil rakyat di Senayan. Di alat kelengkapan kerja, NasDem menempatkan Plate sebagai anggota Komisi XI dengan lingkup bidang pekerjaan keuangan, perencanaan pembangunan nasional, perbankan, serta lembaga keuangan bukan bank. 


Johnny merupakan salah satu anggota DPR RI yang sangat aktif dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat. Dia aktif dalam rapat yang bersinggungan dengan agenda kerja yang wajib hukumnya dihadiri oleh setiap anggota dewan di Senayan. 


Keaktifannya di Senayan membuat Johnny mnejadi seorang 'media darling'. Dia selalu menjadi rujukan awak media cetak, elektronik, online, hingga media televisi nasional dan internasional sebagai narasumber. 


Pada September 2017 Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh mengangkat Johnny G. Plate sebagai sekretaris jenderal partai. Johnny menggantikan Nining Indra Saleh, yang saat itu menjabat pelaksana tugas sekretaris jenderal. Penunjukan Johnny dilakukan langsung oleh Surya Paloh dan dibahas dalam rapat pimpinan Partai NasDem.[]