Ketua KPK: Penggeledahan di DPR Seusai Aturan

0

JAKARTA (27 Januari): Ketua KPK Agus Rahardjo menegaskan penggeledahan ruang kerja anggota DPR yang dilakukan petugas KPK sudah sesuai dengan aturan sehingga tidak ada aturan yang dilanggar.

“Sejak awal terpilih sebagai anggota KPK, saya sudah siap jika menghadapi pertanyaan seperti ini,” kata Agus Rahardjo pada rapat dengar pendapat antara Komisi III DPR dan KPK di Jakarta, Rabu (27/1).

Menurut Agus, petugas KPK yang menggeledah ruang kerja anggota DPR sudah mengikuti aturan perundangan dan aturan internal KPK.

Dari sisi aturan, kata dia, tidak ada yang dilanggar oleh petugas KPK karena sudah mengikuti amanah undang-undang, termasuk pengawalan dari polisi.

“Penggeledahan yang dilakukan petugas KPK sebelumnya juga seperti itu,” tegas Agus seperti dirilis Antaranews.com.

Sebaliknya, anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Golkar, Adies Kadir mempersoalkan pengawalan petugas KPK oleh anggota Brimob Polri bersenjata laras panjang ketika menggeledah ruang kerja anggota DPR Damayanti Wisnu Putranti (FPDIP), Budi Supriyanto (Golkar), dan Yudi Widiana (PKS), dalam dugaan kasus suap.

Menurut Adies Kadir, pengawalan dari anggota Brimob Polri menunjukkan KPK tidak percaya kepada DPR sebagai rumah rakyat dan sebagai mitra KPK.

Adies juga menuding KPK tidak transparan karena tidak segera memberikan penjelasan soal standard operating procedure (SOP) mengenai penggeledahan oleh KPK.

Sedangkan anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengingatkan KPK untuk menjaga hubungan antarlembaga tetap berjalan baik.

Menurut dia, petugas KPK hendaknya berkoordinasi dengan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) sebelum penggeledahan.*

Leave a Reply

%d bloggers like this: