Pemerintah Harus Jadi Pembela Kaum Minoritas

0

JAKARTA (8 Februari): Pemerintah harus hadir menjadi pembela kaum minoritas, bukan sebaliknya mengusir mereka yang tertindas dan terbuang.

Penegasan tersebut dikemukakan aktivis Nahdlatul Ulama (NU) Zuhairi Misrawi menanggapi pengusiran Jemaat Ahmadiyah Indonesia di Kelurahan Srimenanti Sungailiat, Kabupaten Bangka yang dilakukan Bupati Bangka Tarmizi.

Sebelumnya, tindakan Bupati Bangka tersebut disayangkan sejumlah pihak termasuk Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu.

Zuhairi Misrawi yang biasa disapa Gus Mis itu menyayangkan pengusiran tersebut. Menurut dia, pemerintah semestinya hadir membela kaum minoritas.

“Ketika pemerintah tidak hadir, maka yang akan jadi korban kaum minoritas. Biasanya kalau dibiarkan itu akan memberikan dampak yang besar bagi toleransi beragama di negeri ini,” ungkap Gus Mis dalam konferensi ‎pers “Pengusiran Jemaat Ahmadiyah Bangka” di Jakarta Pusat, Senin (8/2).

Zuhairi tidak mengesampingkan sikap Presiden Joko Widodo yang menyatakan tidak sepakat dengan tindakan Tarmizi. Tapi, Zuhairi menghendaki Jokowi harus bertindak langsung, bukan melalui pernyataan di laman twitter pribadi.*

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: