Partai Lain Setelah NasDem Dukung Ahok

0

 

JAKARTA (10 Maret): NasDem telah mempunyai hitung-hitungan sendiri untuk mencalonkan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Dalam penilaian NasDem, Ahok masih kuat dan memenuhi harapan masyarakat untuk memimpin Jakarta periode berikutnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Taufik Basari, Ketua DPP Partai NasDem saat menjadi nara sumber Prime Time News hari ini, Kamis 10 Maret di Metro TV.

Jatuhnya pilihan Partai NasDem kepada Ahok memang sudah melalui kajian mendalam dan terukur. Oleh karena itu, Taufik juga menyatakan jika Ahok bisa didukung oleh banyak partai politik selain NasDem tentu akan semakin baik.

“Kami tetap membuka diri, mengajak partai politik lain untuk bisa mendukung Ahok karena terbukti telah mendapat dukungan masyarakat dengan begitu antusias,” ujar Taufik.

Fenomena Teman Ahok memang diakui menjadi salah satu pertimbangan. Oleh karenanya, ketika mendeklarasikan dukungannya kepada Ahok, NasDem justru membantu Teman Ahok.

“Kami punya komunikasi yang sangat baik dengan Teman Ahok.  Kami tidak berkompetisi dengan Teman Ahok, tetapi justru saling menghormati.  Bahkan kami menghargai apa yang sudah dilakukan Teman Ahok, oleh karenanya kami justru menawarkan, apa yang bisa kami bantu dan mengisi yang belum dilakukan Teman Ahok,” papar Taufik lagi.

Keputusan Partai NasDem untuk mendukung calon perseorangan atau independen sesungguhnya bukan hal baru.  Pada Pilkada Desember 2015 lalu, NasDem mendukung 8 calon independen.  Lima di antaranya berhasil memenangkan pilkada.

“NasDem memang ingin memperkenalkan hal- hal baru dalam berpolitik.  Memberi dukungan tanpa syarat, tanpa mahar, memfasilitasi dan merespons keinginan masyarakat seperti yang terjadi pada Ahok sekarang ini,” jelas Taufik.

Sampai sejauh ini, Taufik juga menjelaskan bahwa NasDem telah melakukan pembicaraan dengan beberapa partai politik untuk mengikuti langkah NasDem mendukung Ahok.

“Kami memang sudah menjalin komunikasi dengan partai lain, karena masih dalam tahapan komunikasi, kami belum bisa sampaikan.  Tapi  ada satu dua partai yang merespons positif untuk mendukung Ahok,” tegas Taufik. (*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: