Politisi Muda Indonesia Diundang Australia

0

SYDNEY (25 Mei): Pemerintah Australia melalui program Emerging Political Leaders mengundang enam politisi muda Indonesia.  Selain bertemu dengan tokoh pemerintah Australia, mereka juga bertemu dengan think thank dan akademisi di negara kanguru tersebut.

Enam  politisi muda Indonesia tersebut adalah anggota DPR RI Komisi 1 dari Fraksi NasDem, Prananda Surya Paloh, Ketua Umum Garda Pemuda NasDem Martin Manurung, anggota DPR RI Dave Laksono, Isyana Bagus Oka, Aryo Djojohadikusumo, dan Direktur Eksekutif ARSC, Dimas Oky Nugroho.

Dalam program ini para politisi muda yang diharapkan bisa menjadi pemimpin masa depan Indonesia akan mengunjungi sejumlah institusi strategis Australia dan berdiskusi terkait sejumlah isu kemitraan strategis Indonesia-Australia, khususnya di bidang pendidikan dan TI, ekonomi kreatif, serta politik keamanan.

“Kunjungan seperti ini antara Australia dan Indonesia dapat mengeratkan hubungan  kedua negara. Diplomasi informal seringkali lebih bermakna daripada diplomasi formal,” ujar Prananda.

Sementara Martin Manurung lebih menyoroti faktor kedekatan geografis Indonesia dan Australia yang rasanya Australia seperti negara yang asing bagi Indonesia.

“Australia merupakan tetangga langsung Indonesia. Sangat lucu bila Australia lebih merasa dekat dengan negara lain yang jauh, tetapi seakan asing bagi Indonesia. Hal yang sebaliknya pun sering terjadi. Ini yang harus segera diperbaiki di masa mendatang,” papar Martin.

Program ini berlangsung sejak 21 hingga 28 Mei. Para politisi ini akan mengunjungi empat  kota di Australia, yaitu Sydney, Canberra, Melbourne dan Darwin. Seluruh biaya program ini sepenuhnya menjadi tanggungan pemerintah Australia.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: