Hamdhani: Pentingnya Pemberantasan Kemiskinan

0

JAKARTA (29 Juli):  Dalam pertemuan legislator International di Pakistan, Anggota DPR RI asal Partai NasDem, Hamdhani bicara tentang pentingnya pemberantasan kemiskinan di Asia. Hal tersebut disampaikan dalam pidatonya di forum Asian Parliamentary Assembly 2016.  Hamdhani berada di Pakistan mewakili parlemen Indonesia sejak tanggal 25-29 Juli 2016.

Informasi yang dikirim ke redaksi pada Kamis (28/7), diungkapkan Hamdhani, delegasi Indonesia mendukung Resolusi Asian Parliamentary Assembly (APA) dalam pengentasan kemiskinan di Asia.

“Indonesia melihat, kemiskinan tetap menjadi tantangan global terbesar yang melanda negara-negara berkembang. Dalam sidang  di Phnom Penh itu disebutkan, resolusi pada kemiskinan di Asia telah menggarisbawahi peran penting parlemen, termasuk advokasi untuk mencapai tujuan pembangunan ekonomi berkelanjutan, terutama pada pengentasan kemiskinan,” ujar Hamdhani.

Untuk itu, dalam pidatonya di APA, Standing Committee Meeting on Economic and Sustainable Development Affairs, Hamdhani meminta masalah itu menjadi perhatian penting. Pada ajang internasional di Hotel Serena, Islamabad, Pakistan itu, Hamdhani memberikan catatan, agar menjadi masukan dalam rancangan resolusi.

“APA harus mengakui kemiskinan merupakan hasil dari berbagai proses ekonomi, politik, dan kelembagaan yang dapat membuat orang miskin, bahkan lebih miskin,” ujarnya.

Lebih jauh diingatkannya juga, agar anggota parlemen APA mendukung Sustainable Development Goals (SDGs).

Intinya, anggota parlemen dalam APA berkewajiban memastikan keberhasilan SDGs, dan target melalui pengalokasian anggaran yang cukup, selain mengadopsi peraturan yang relevan dan pengawasan terhadap hasil-hasilnya.

“Negara anggota APA harus memberi perhatian lebih pada pengembangan sosial dan pertumbuhan inklusif untuk memberantas kemiskinan di Asia,” ujar Hamdhani, legislator asal Kalimantan Tengah.

DPR RI mengutus H Hamdhani, anggota Fraksi Partai NasDem, dan H Tjatur Sapto Edy (Fraksi PAN), mengikuti Asian Parliamentary Assembly (APA) Standing Committee Meeting on Economic and Sustainable Development Affairs.

“Pengiriman delegasi DPR RI itu, sesuai keputusan Rapat Pimpinan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP), 9 Juni 2016,” kata Hamdhani.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: