Perjuangkan Pasutri Lansia

0

LEBAK BANTEN (15 Agustus): Ada banyak cara mengisi reses.  Salah satunya seperti yang dilakukan Tri Murny, Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi NasDem.  Minggu lalu, atau tepatnya pada Jumat (12/8), legislator asal Banten I ini menyisir kampung menyambangi kediaman warga di Cijoro Bendungan, Desa Rangkasbitung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

“Ini kan memang bidang kita, memastikan ada pasangan lansia yang tinggal di tempat yang menurut saya sangat tidak layak huni,” ujarnya Tri Murny.

Dalam kunjungan tersebut, mempertemukan Tri Murny dengan dua orang lansia, Iti (73) dan Iming (74). Dua sosok ini adalah warga yang sudah belasan tahun tinggal di sebuah rumah yang dibangun oleh masyarakat dengan cara bergotong-royong.

Tri-Murny-Komisi-VIII

Iming saat ini hanya tinggal berdua dengan istrinya, dan hanya bisa mengandalkan bantuan dan uluran tangan dari masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.  Dengan kondisi Iming yang sudah uzur, tidak memungkinan lagi dirinya untuk mencari nafkah.

Menyaksikan keadaan ini, Tri Murny menyesalkan pihak Pemerintah Kabupaten Lebak yang lalai melihat keadaan warganya yang tinggal di rumah tidak layak huni.

“Apalagi saat ini sudah tidak memiliki keluarga, jadi bisa disebut keluarga prioritas yang harusnya mendapat bantuan,” tegas Tri.

Legislator yang membidangi masalah sosial masyakarat ini berjanji akan mengusulkan bantuan untuk pasutri tersebut agar mendapat tempat tinggal yang layak.

“Kita akan coba diskusikan di pusat bersama kementerian terkait agar keluarga ini bisa mendapatkan bantuan dari program Rehabilitasi Rumah Tidak Layah Huni (RTLH) maupun Rutilahu,” tambahnya.

Menurut Iti dan Iming, selama belasan tahun, warga Kabupaten Lebak banyak hidup dengan mengharapkan bantuan dan uluran tangan mayarakat setempat.

“Lima tahun lalu saya pernah minta bantuan pemerintah biar rumah saya ini dibangun agar lebih baik, tapi sampai saat ini tidak ada kabar, malah KTP dan KK saya hilang enggak tau ke mana,” keluh Iming.(*)

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: