Kirab Bendera Pusaka Mendapat Apresiasi Anggota DPR

0

JAKARTA (19 Agustus): Kirab Bendera Pusaka dari Monumen Nasional (Monas) menuju Istana Merdeka yang digagas Presiden Joko Widodo untuk mengawali prosesi peringatan Hari Kemerdekaan ke 71 Republik Indonesia, diapresiasi anggota DPR RI Fraksi NasDem, Yayuk Sri Rahayuningsih. Legislator dari Komisi X ini berharap parade bendera pusaka pada HUT RI ke-71 tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap nilai budaya bangsa. Bahkan legislator asal Jawa Timur ini menyebut hal semacam itu penting untuk generasi muda agar memiliki perhatian terhadap sejarah.

“Barangkali itu pertama kalinya dalam sejarah, tidak seperti biasanya. Selama ini kan upacara bendera saja, bendera pusaka hanya diletakkan di meja mimbar kehormatan selama prosesi berlangsung. Makanya kalau saya melihatnya kemarin itu, Pak Jokowi-JK ini memberikan tempat pada sejarah. Bentuk pengakuannya ya ada kirab replika bendera dan teks proklamasi,” ujar Yayuk seperti dikutip dari fraksinasdem.org, Jumat (19/8).

Yayuk juga mengusulkan peringatan HUT RI tahun ini harusnya dijadikan tradisi tahunan, dibudayakan yang beorientasinya untuk membangun semangatnya anak-anak muda jauh ke depan.

“Jangan berhenti pada hal yang simbolis saja, tapi harus dibreakdown ke dalam pendidikan, pelajaran sejarah. Supaya anak-anak didik tahu budaya dan sejarah bangsanya,” tegasnya.

Pada peringatan detik-detik proklamasi tahun ini, selain mengundang sejumlah inspirator pembangunan masyarakat dan para juara olimpiade, pemerintah juga menggelar parade bendera pusaka. Hal ini menjadi pusat perhatian tersendiri bagi masyarakat, khususnya yang ada di Jakarta. Apalagi, kereta yang digunakan khusus didatangkan langsung dari Purwakarta.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: