Siaga Penuh Cegah Penyebaran Virus Zika

0

JAKARTA (31 Agustus): Merebaknya virus zika membuat beberapa negara mengeluarkan travel warning ke Singapura. Beberapa Negara yang sudah mengeluarkan travel warning adalah Taiwan, Australia dan Korea Selatan. Sementara Indonesia sendiri masih dalam persiapan untuk mengeluarkan peringatan dini tersebut.

Menanggapi merebaknya virus zika, anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi NasDem Amelia Anggraini mengingatkan Kemenkes untuk melakukan pemetaan wilayah-wilayah endemic DBD di Indonesia dan melakukan tindakan-tindakan preventive.

Hal ini penting dilakukan sebagai langkah waspada pemerintah Indonesia terhadap penyebaran virus zika yang ditemukan menjangkiti 41 orang di Singapura baru-baru ini.

“Dengan begitu kita dapat membatasi perkembangan virus zika. Karena virus ini medianya sama dengan nyamuk aides aegepti, nyamuk yang membawa wabah DBD dan juga berpontensi menyebabkan virus zika,” jelas Amel di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (31/8).

Legislator asal Jawa Tengah ini juga menegaskan agar pemerintah berupaya penuh untuk siaga dalam mencegah penyebaran virus zika Singapura ini. Kemenkes, menurutnya, harus punya langkah-langkah preventif sepeti memberdayakan kader posyandu.

“Perluas cakupan komunikasi informasi, edukasi dan promotif, mengingat kewaspadaan infeksi virus zika ini penting,” tutupnya.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: