Elektabilitas Ahok Tetap Tertinggi

0

JAKARTA (13 September): Gubernur Petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, masih memiliki elektabilitas tertinggi di antara calon-calon lawannya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2017 nanti.  Hal tersebut disampaikan lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik (Kedai Kopi).  Dalam surveynya menunjukkan tingkat kepuasan publik pada kinerja pemerintahan Ahok-Djarot di Jakarta turun tipis ke level 67,3% setelah berada di level 70%.

Sedangkan untuk elektabilitas, Ahok saat ini masih yang tertinggi, yakni tercatat 41,6%, kemudian Tri Rismaharini 30%, Rizal Ramli 8%, Sandiaga Uno 7%, serta Budi Waseso yang hanya 1,3%.

Survei tersebut dilaksanakan 2-5 September 2016 dengan metode wawancara tatap muka. Ada 400 responden yang terlibat pada survei itu, dan tersebar proporsional di 40 kelurahan di 6 kabupaten/kota di DKI Jakarta. Pemilihan sampel menggunakan metode sampel acak bertingkat dengan margin of error sebesar kurang lebih 4,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

“Hasil survei ini harus menjadi ‘alarm’ bagi petahana,” kata pendiri Kedai Kopi Hendri Satrio kepada Antara di Jakarta.

Sampai saat ini, baru Ahok dan Sandiaga yang mendeklarasikan diri untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Namun keduanya belum meresmikan pasangan masing-masing.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: