Relokasi Nelayan ke Pulau Seribu

0

JAKARTA (23 September): Rencana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok merelokasi nelayan ke Pulau Seribu dinilai tepat. Hal ini bertujuan agar mendapatkan lingkungan serta kehidupan yang lebih layak dan manusiawi.  Hal ini disampaikan anggota DPR RI Ahmad Sahroni di ruang kerjanya, di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Jumat (23/9).

“Upaya Gubernur DKI itu sudah tepat. Dalam membangun dan mengelola kota sebesar DKI, saya kira sangat diperlukan penataan di beberapa kawasan dan daerah agar bisa memberikan kenyamanan bagi warganya,” ujar Roni, begitu sapaan akrab Ahmad Sahroni.

Meraka yang sebaiknya direlokasi adalah kawasan pesisir pantai utara Jakarta. Daerah yang dekat menjorok ke laut itu jika tidak ditata dengan baik akan menimbulkan persoalan bagi kota Jakarta sendiri.

“Dataran Jakarta ini secara posisi geografis tanahnya hampir setara dengan laut, maka jika ini tidak segera diantisipasi, bibir pantai Jakarta akan semakin terkikis karena abrasi disebabkan oleh air laut,” papar Sahroni.

Bukan hanya itu, Roni juga menambahkan, kondisi yang tidak layak bisa juga menjadi permasalahan bagi masyarakat nelayan yang tinggal di sana. Oleh karena itu relokasi bagi nelayan merupakan salah satu cara supaya nelayan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Sementara menyinggung tentang seringnya Ahok melakukan penggusuruan, Roni menepis tudingan tersebut.

“Saya kira ini lebih tepat disebut sebagai upaya untuk memberdayakan dan menyejahterakan para nelayan. Oleh karena itu yang akan dibuat adalah kawasan nelayan terpadu. Apalagi mereka akan mendapatkan fasilitas rumah susun dan kapal tangkap gratis,” ujar legislator dapil Jakarta ini.

Terkait masih adanya penolakan nelayan terhadap rencana ini, Sahroni berpendapat hal itu wajar, karena mereka merasa telah tinggal puluhan tahun di sepanjang pesisir pantai. Namun dia meyakini rencana ini pada akhirnya akan diterima oleh para nelayan tersebut.

“Penolakan itu hal yang biasa, mungkin karena mereka belum terbiasa dan memahami tujuannya saja,” tuturnya, seperti yang dilansir dari fraksinasdem.org.

Sahroni menyatakan dirinya dan Partai NasDem siap mengkomunikasikan dan membawa aspirasi para nelayan itu kepada Gubernur DKI.

“Insyaallah kita akan sampaikan ke Pak Ahok jika ada saudara-saudara kita itu datang ke kita (NasDem) untuk menyampaikan apa saja yang masih menjadi kendala-kendala dan belum terpenuhi dalam rencana relokasi ini,” tutupnya.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: