Ahok Gubernur Pro Rakyat Pilihan Rakyat

0

JAKARTA (28 September): Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta menghasilkan tiga pasang calon yang akan merebut menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur. Salah satu kriteria yang diinginkan warga Jakarta sebagai pemilih yakni calon Gubernur yang pro rakyat. Itulah yang disampaikan Direktur Eksekutif Riset Indonesia (Risindo) Toto Sugiarto di Jakarta, Selasa (27/9).

Riset yang dilakukan Risindo dari pemberitaan mengenai kriteria Gubernur DKI Jakarta selama 2016, secara keseluruhan kriteria Gubernur yang prorakyat menjadi kriteria pilihan pemilih yang paling tinggi dengan 23.53%, baik dari sisi kinerja maupun kepribadian.

Kriteria Gubernur yang mampu memperbaiki ekonomi berada di urutan kedua dengan 11.76% dan gubernur yang bersih dari korupsi berada di urutan ketiga juga dengan 11.76%.

“Gubernur yang akan dipilih adalah yang prorakyat, kebijakannya mempertimbangkan baik dan buruknya bagi rakyat,” ujar Toto dalam paparan riset ‘Menuju DKI 2017: Kriteria Gubernur Pilihan Rakyat’, di Jakarta, Selasa (27/9).

Sementara dari sisi kinerja, mayoritas rakyat menginginkan gubernur yang mampu melakukan perbaikan ekonomi seperti penyediaan lapangan kerja hingga pengendalian kebutuhan pokok. Adapun sisanya menginginkan gubernur yang mampu mengatasi permasalahan publik seperti banjir, kemacetan, memperbaiki tata ruang, dan menghilangkan kekumuhan.

Sedangkan dari sisi kepribadian, sosok gubernur yang santun dalam bertutur hanya menempati posisi tiga dengan 11.54% di bawah kriteria gubernur yang prorakyat dengan 30.77% dan gubernur yang bersih dengan 15.38%.

Dari tiga pasangan calon yang ada saat ini, Toto menilai calon petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat punya modal untuk memenangkan pertarungan jika dinilai masyarakat sebagai calon yang prorakyat.

“Kalau sekarang yang berkembang di publik petahana dicitrakan pro pengembang, tapi itu kan isu yang dihembuskan lawan Ahok, tentu publik akan memiliki preferensi pilihan sendiri,” ucap Toto, seperti dilansir dari mediaindonesia.com.(*)

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: