Presiden segera Keluarkan Paket Reformasi Bidang Hukum

0

JAKARTA (30 September): Presiden Joko Widodo segera mengeluarkan paket reformasi bidang hukum. Paket reformasi bidang hukum itu  akan memperhatikan tiga aspek utama, yaitu birokrasi, regulasi, dan budaya hukum.

Jaksa Agung M Prasetyo mengemukakan hal itu kepada wartawan di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (30/9). “Sudah kita sampaikan dan sekarang sedang dibentuk tim untuk membahas masalah reformasi bidang hukum itu,” ujarnya.

Jaksa Agung memjelaskan, reformasi birokrasi meliputi persoalan aparatur negara yang bertugas melayani masyarakat. Adapun reformasi regulasi menyangkut peraturan perundangan, terutama terkait harmonisasi, sinkronisasi, serta kewajiban pemberian penjelasan dan penegasan.

Sedangkan reformasi budaya hukum meliputi banyak pihak. Kebijakan tersebut tidak hanya berlaku untuk penegak hukum, penyelenggara negara, dan pemerintahan, namun juga masyarakat.

“Karena masyarakat ada yang semangatnya ingin menang, ingin cepat, dan melakukan apa saja yang penting memang perkaranya. Dia pengaruhi polisinya, jaksanya, itu yang harus direformasi juga,” pungkas dia.*

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: