Indonesia butuh Grand Design Arah Politik 50 Tahun ke Depan

0

SAMARINDA (7 Oktober): Garda Pemuda NasDem bersama Socdem Asia, Network for Social Democracy in Asia menggelar training politik bagi generasi muda dan kader Garda Pemuda NasDem di Senyiur Hotels and Resort, Samarinda, Kalimantan Timur, Jumat (7/10).

Sesi pertama training politik ini mengambil tema Ideologi dengan menghadirkan Dr. Makmur Keliat, dosen Fisip Universitas Indonesia serta Martin Manurung, Ketua Umum Garda Pemuda NasDem dengan moderator Nora Suzuki Mokodompit, dosen Universitas Tujuhbelas Agustus Kota Samarinda.

Dalam paparannya, Makmur Keliat melihat bahwa ideologi adalah refleksi dari realitas, mampu member arahan serta memiliki fleksibiltas.

“Tidak ada netralitas dalam politik, ideologi merupakan pengantarnya. Bukan hanya sekedar angka tapi juga ada cerita didalamnya,” ujar Makmur.

Lebih jauh juga dipaparkan Makmur, bahwa Negara harus mampu memberi proteksi atau perlindungan kepada yang lemah. Bahkan Negara juga harus mampu melindungi kebebasan rakyat dari rasa takut.

Sementara itu Ketua Umum Garda Pemuda NasDem Martin Manurung menegaskan, lahirnya Partai NasDem bukan semata-mata untuk menambah jumlah partai politik di Indonesia. Namun NasDem dilahirkan karena ada dorongan untuk membangun sebuah gerakan dengan nilai-nilai dan cara pandang khusus. Maka itu kerap kali NasDem disebut sebagai partai politik gagasan.

“Salah satu gagasan yang NasDem lontarkan adalah tentang kepemimpinan dan keteladanan yang dibutuhkan bangsa Indonesia.  Ini yang tidak dibicarakan dalam Pancasila,” ujar Martin.

Lebih jauh Martin juga menegaskan bahwa Bangsa Indonesia harus memiliki grand design arah politik ke depan.

“Kita harus punya grand design tentang arah politik yang kita inginkan, misalnya sampai 50 tahun ke depan, sehingga  ketika terjadi pergantian kepemimpinan tidak terjadi perubahan yang menghambat kemajuan bangsa,” terang Martin.

Acara training politik bagi generasi muda ini masih akan terus berjalan ke sesi berikutnya dengan nara sumber dan tema menarik lainnya.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: