Parlemen Jangan Didegradasi

0

JAKARTA (14/10): Setiap anggota DPR harus merestorasi dirinya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada parlemen. NasDem tidak ingin keberadaan parlemen terus didegradasi.

Dalam ulang tahunnya yang ke 2, Fraksi Partai NasDem memiliki harapan besar terhadap keberlangsungan parlemen.

“Jangan lagi membuat rakyat menjadi tidak percaya,” kata Irma Suryani Chaniago di Kompleks Parlemen, Jumat (14/10).

Selain itu, Politisi Partai NasDem ini menilai anggota DPR juga harus kembali meningkatkan kinerja dan akuntabilitasnya. Sehingga, parlemen ke depan benar-benar menjadi perwakilan rakyat yang bisa diandalkan.

“Ini yang terus menerus dilakukan Fraksi NasDem ke depan, menjadi role model bagi seluruh partai agar rakyat tidak lagi mendegradasi parlemen ini,” tambah Irma.

Lebih jauh Irma menuturkan, secara pribadi dirinya menilai pemerintahan yang absolut sudah pasti akan bersifat diktator. Karena itu, legislator asal Sumatera Selatan ini menilai, dibutuhkan parlemen yang kuat untuk menjadi sistem kontrol bagi pemerintah.

Ditambahkannya juga, parlemen dan Pemerintah merupakan mitra. Namun, parlemen juga tetap harus kritis terhadap apa pun program Pemerinah terutama terkait kesejahteraan rakyat.

“Entah dia sebagai koalisi, entah dia sebagai oposisi, semuanya harus bersatu padu untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” tegas Irma.

Irma juga menambahkan, semua pihak di parlemen harus mendukung program pemerintah untuk kesejahteraan rakyat. Tapi, tetap tidak memungkiri sebagai pengontrol, parlemen tetap harus mengkritisi pemerintah bila ada program yang memiliki impact atau dampak negatif terhadap sosial rakyat.

“Tapi kritisinya dengan memberikan solusi dan elegan. Tidak boleh penuh kebencian, ingin menjatuhkan pemerintahan itu. Kalau negara ingin dibangun lebih baik harus ada kebersamaan,” tutup Irma. (*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: