Rekomendasi Rakerwil Partai NasDem Aceh

0

Aceh (5 November): Setelah menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Partai NasDem Aceh yang berlangsung 2-3 November 2016 lalu, dihasilkan beberapa rekomendasi untuk ditindak lanjuti setiap pengurus di tingkat Dewan Pimpinan Daerah (DPD).

Rekomendasi tersebut meliputi pembentukan unsur saksi sebagai salah satu upaya pemenangan pilkada serentak 2017.

Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjend) Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Willy Aditya, mengatakan, pembentukan desk saksi merupakan salah satu hal yang sangat penting, selain bertugas sebagai orang yang mengawal suara, saksi juga akan melakukan sosialisasi kerja partai dalam rangka pemenangan pasangan calon kandidat yang diusung Partai NasDem.

“Saksi tidak hanya bekerja pada hari pencoblosan, tapi dapat bekerja dalam rangka mengawal suara pemilih sebelum masa pencoblosan tiba. Desk saksi juga nantinya akan bertugas mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih kepada para pemilih, sehingga dapat meningkatkan partisipasi pemilih,” ungkapnya.

Koordinator Wilayah (Korwil) NasDem Aceh ini menambahkan, keberadaan desk saksi di setiap level harus dibekali dengan beragam pengetahuan, saksi sebagai ujung tombak harus mampu melakukan canvassing ataupun penggalangan suara pada tingkat terbawah.

“Saksi sebagai sebuah badan sekaligus ujung tombak partai, karena selain mengerti pekerjaan hari H di TPS, saksi juga harus dibekali bagaimana cara melakukan canvasing, bagaimana dia melakukan penggalangan suara dan melakukan pengorganisasian di level terbawah ataupun desa,” papar Willy.

Di samping pembentukan desk saksi, Rakerwil tersebut juga membahas konsolidasi pemenangan calon kepala daerah yang didukung dan diusung Partai NasDem pada pilkada serentak 2017. Hasil rapat akan diteruskan hingga ke tingkat desa.

“Tujuan konsolidasi ini merupakan bentuk totalitas kita dalam memenangkan semua kandidat calon kepala daerah, rakerwil ini nantinya akan ditindak lanjuti dalam rakerda-rakerda yang akan dilaksanakan di setiap kabupaten/kota, setiap DPD akan melakukan hal yang sama dengan kandidat mereka di level kabupaten/kota termasuk bagaimana membentuk posko di setiap desa dalam rangka pemenangan pemilu,” terangnya.

Selain itu juga dibahas bagaimana strategi menggunakan atribut kampanye, sehingga nantinya materi ataupun sosialisasi terhadap nama, maupun visi-misi calon yang didukung oleh Partai NasDem dapat diterima dan diketahui dengan mudah oleh masyarakat.

“Raker ini dipersiapkan untuk pemenangan paslon yang diusung dan didukung Partai NasDem sekaligus merumuskan strategi-strategi pemenangan,” katanya disela-sela Rakerwil.

Selain menyusun langkah pemenangan, rakerwil juga akan menjadi bahan evaluasi partai, sejauh mana kinerja kader yang ada di tingkatan masing-masing paska dikeluarkannya rekomendasi oleh DPP terhadap setiap kandidat.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: