Germas Diharapkan Turunkan Beban Penyakit Menular

0

KEBUMEN, JATENG (8 November): Anggota DPR RI Komisi IX Amelia Anggraini menjadi pemateri dalam sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kebumen, di Gedung PKK Kebumen, Jawa Tengah, Senin (7/11).

Acara ini merupakan hasil kerja Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Penanganan Penyakit Indonesia.  Program ini menyarankan pola hidup sehat kepada seluruh elemen masyarakat.

amelia-anggr

Diikuti tidak kurang dari 150 peserta yang terdiri dari petugas kesehatan Puskesmas dan desa, organisasi masyarakat kesehatan, dan masyarakat umum. Selain itu, juga ada penyerahan bantuan alat pencegahan penyakit dari Kemenkes kepada Puskesmas di kabupaten Kebumen.

“Diharapkan Germas dapat menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan. Upaya pencegahan lebih utama daripada upaya kuratif,” ungkap Amelia Anggraini.

Sementara itu Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kementrian Kesehatan RI, Meinarwati mengatakan, Germas mengharapkan partisipasi masyarakat secara lansung dalam mendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan di Indonesia sebagaimana tertuang dalam UU Kesehatan yakni untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: