Penguatan Sistem Presidensil

0

PONTIANAK (15 Desember): Negara Indonesia menganut sistem presidensil, menempatkan presiden sebagai kepala negara sekaligus sebagai kepala pemerintahan.  Oleh karenanya, presiden memiliki kedudukan yang kuat dalam menjalankan sistem pemerintahan.

Hal demikian dipaparkan anggota Badan Pengkajian MPR RI H Syarief Abdullah Alkadrie di Pondok Pesantren Al-Jihad, Sungai Jawi, Kota Pontianak Rabu (14/12).  Kunjungan Syarief tersebut dimaksudkan untuk kembali mencari masukan dari masyarakat mengenai penguatan sistem pemerintahan presidensil.

Kegiatan yang ditujukan untuk menyerap aspirasi masyarakat dan sekaligus untuk memberikan pendidikan politik bagi masyarakat ini dinilai politisi NasDem itu sangat penting terutama bagi pelajar seperti santri-santri pesantren dan mengingat begitu pentingnya peran pesantren dalam perjalanan bangsa Indonesia.

“Memberikan pendidikan politik bagi santri pasantren Aljihad Sungai Jawi, pasantren pada saat perjuangan kemerdekaan merupakan basis utama di dalam menggelorakan perlawanan terhadap penjajah.  Begitupun pada saat ancaman idiologi Negara dirong-rong PKI, pasantren tampil menyelamatkan Idiologi Negara. Dengan demikian pasantren punya peranan strategis di dalam perjalanan Bangsa Indonesia,” terang Syarief.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, guru-guru, serta santri Pesantren Al-Jihad , berlangsung santai dan diisi dengan sejumlah diskusi. (DPW NasDem Kalbar/*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: