NasDem Riau Terima KI Riau Award

0

RIAU (22 Desemebr): Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem  Provinsi Riau menerima anugerah Komisi Informasi Riau Award tahun 2016. NasDem  Riau dinilai sebagai partai politik terbaik dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik sesuai Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008.

nasdem-riau-award2

Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) John Fresly menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada Ketua DPW Partai NasDem  Riau, Iskandar Hoesin di Hotel Grand Elite Pekanbaru, Kamis (22/12).

NasDem  terpilih di peringkat satu sebagai partai terbuka dan transparan dalam melayani kebutuhan informasi masyarakat dengan nilai 180. Disusul kedua, Partai Demokrat (156), ketiga PKS (138) dan Gerindra (138). Sedangkan Golkar dan PPP dinilai paling rendah memberikan informasi publik.

Iskandar Hoesin berterima kasih kepada KIP karena telah menilai NasDem Riau mampu memenuhi kriteria sebagai badan publik dengan tingkat pelayanan informasi maksimal. Mantan Sekjen Kementerian Hukum dan HAM ini berjanji NasDem lebih baik dan tetap transparan melaksanakan keterbukaan informasi publik.

nasdem-riau-award1

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk semakin optimal melakukan kewajiban badan publik. NasDem  berterima kasih dipercaya masyarakat,” kata Iskandar.

Sesuai instruksi UU Nomor 14 tahun 2008 tentang KIP, NasDem  Riau sudah membentuk unit Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dengan Ketua Fuady Noor, Wakil Ketua Fitra Asrirama dan Evi Nurdin. PPID berfungsi menyediakan, melayani dan menyimpan informasi publik yang dibutuhkan masyarakat.

Fuady Noor menjelaskan NasDem Riau menyediakan informasi yang lengkap dan selalu mempublikasikan kegiatan politik melalui media sosial dan pers. NasDem sudah memberikan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat tentang program dan struktur organisasi.

“Kami lakukan ini sebagai perintah undang-undang. Mudah-mudahan sesuai dengan harapan masyarakat sebagai konstituen,” ujar Fuady.

nasdem-riau-award3

Sementara Ketua KIP Riau Mahyudin Yusdar menyatakan, Komisi Informasi Riau Award 2016 dinilai berdasarkan hasil monitoring KIP Riau selama beberapa bulan terakhir. Tujuannya, untuk menjadi bahan evaluasi dan dorongan bagi badan publik melaksanakan kewajiban informasi secara terbuka dan transparan.

“Kami memberikan penghargaan kepada NasDem Riau sesuai monitoring objektif. Dan ini harus menjadi contoh bagi partai lain sehingga dipercaya masyarakat,” kata Mahyudin.

Lebih jauh Mahyudin menjelaskan partai terbuka dan transparan akan mendapat tempat di tengah masyarakat sehingga didukung dalam pemilu maupun pelaksanaan pilkada. Mahyudin menambahkan keterbukaan informasi akan berdampak positif bagi lembaga publik sehingga meningkatkan kredibitas, elektabilitas dan reputasinya. (rls/*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: