Hamdhani Bantu Genjot Pertanian di Kota Waringin Timur

0

KOTA WARINGIN TIMUR, KALTENG (26 Desember): Peduli pada petani sudah menjadi kewajiban wakil rakyat. Apalagi duduk di Komisi IV DPR RI yang memang berurusan dengan pertanian.  Itulah yang dilakukan Anggota DPR RI Hamdhani SIP, M.Sos yang melakukan penanaman padi di kawasan pertanian Desa Samuda Besar Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), Jumat (23/12).

hamdhani-kotim2

Selain Hamdhani, penanaman padi tersebut dihadiri Tim BPTP Pusat, Rukayah, Kabid Produksi Tanaman Pangan Pemprov Kalteng Muhajirin Akbar, Wakil Bupati Kotim M Taufiq Mukri, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kotim I Made Dikantara, Kepala Bulog KBB Pasir Pitih Sub DIVRE Wilayah II Sampit Rusli Pisol, Dandim Kodim 1015 Sampit I Gede Putra Yasa, Camat Mentaya Hilir Selatan Jumberi serta para petani Desa Samuda Besar Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kotim.

Komitmen Pemkab Kotim dalam pengembangan pertanian ini, mendapat apresiasi tinggi dari Anggota Komisi IV DPR RI ini. Hamdhani pun telah meminta kepada Kementerian Pertanian, memprioritaskan realisasi program untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan mewujudkan kedaulatan pangan.

hamdhani-kotim

“Di Sampit ini sangat bagus. Memiliki komitmen yang tinggi terhadap pengembangan dunia pendidikan. Karena itu, saya siap memperjuangkan berbagai bantuan dari pusat untuk pengembangan pertanian di Kotim ini,” ujar Hamdhani.

Selain memberi motivasi petani, Anggota Komisi IV DPR RI ini juga memberikan sejumlah alat mesin pertanian (Alsintan) kepada para petani Kotim. Sebelumnya, Politisi NasDem ini membagikan 2 traktor roda empat dan 5 mesin penanam padi.

Sementara itu, untuk memacu swasembada beras di wilayah Kotim, Pemkab Kotim menargetkan penanaman padi Oktober 2016-September 2017 seluas 23.226 hektare.

Target itu bahkan sudah terpenuhi. Pada Oktober 2015-September 2016, para petani sudah menanam padi seluas 25.750 hektare. Bahkan, mulai September 2016-Bulan ketiga Desember 2016 ini, para petani Kotim sudah menanam padi seluas 7.603 hektare.

Sekedar informasi, untuk bantuan Alsintan di Kalteng dibagikan traktor roda 2 sebanyak 143 unit, pompa air sebanyak 150 unit, traktor roda 4 sebanyak 7 unit, rice transplanter sebanyak 15 unit, combine harvester sebanyak 34 unit serta cornsheller sebanyak 3 unit. (RO/*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: