NasDem Jabar Tuntaskan TOT Tingkat DPC

0

SUMEDANG, JABAR (28 Desember): NasDem Provinsi Jawa Barat menuntaskan Training of Trainers ( TOT ) Desk Saksi tingkat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Ranting (DPRt) di 27 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) se-Jawa Barat.  DPD Sumedang menjadi DPD pamungkas yang dilangsungkan di Hotel Handayani Sumedang, Senin, (26/12). nasdem-jabar-sumedang1

“Alhamdullilah TOT Desk Saksi tingkat DPC (kecamatan) di 27 DPD sudah selesai, DPD Partai NasDem Sumedang merupakan yang terakhir,” ujar Saan Mustopa, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Jawa Barat.

Penuntasan TOT Desk Saksi ini sudah dimulai sejak tanggal 16-26 Desember lalu yang diawali dari DPD Nasdem Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Karawang, lalu Kota Depok, kemudian ditutup oleh Kabupaten Sumedang.

nasdem-jabar-sumedang4

Dalam sambutan dan pengarahannya, Saan Mustopa menyampaikan betapa pentingnya mempersiapkan saksi partai jauh jauh hari. Hanya dengan kebersamaan, motivasi, semangat dan daya juang yang tinggi maka Partai NasDem di Jawa Barat bisa memenangkan pemilu tahun 2019.

“Tidak bisa mengerjakan sesuatu hal yang besar dengan cara yang mendadak, maka kita melakukan ToT Saksi sejak dini, menjadikan saksi yang berkualitas agar menjadi kekuatan besar Partai NasDem untuk menjaga Pemilu/Pilkada yang jujur dan adil” ujar Saan Mustopa, Senin (26//12).

nasdem-jabar-sumedang3

Rangkaian tot saksi sendiri diisi pemateri dari Ketua KPUD Kabupaten Sumedang, yang mengambil tajuk ‘Kaitan Tugas Saksi di Pemilu’. Sedangkan pemateri lain dari Team Desk saksi DPW Partai NasDem Jabar Aris Munandar yang mengangkat tema ‘Tugas Pokok dan Fungsi Saksi sebelum Hari H’. Sedangkan materi dari Koordinator Desk Saksi, Hendi Sutresna mengambil tema ‘Fungsi dan Tugas Pokok Saksi pada Hari H atau Pemilihan’.

Hendi mengurai tentang pentingnya menjaga suara di hari H, dan menjadikan saksi partai sebagai Duta Partai yang akan memetik buah kerja saksi pada pemilu yang akan dating.

nasdem-jabar-sumedang2

Selain itu, peserta bisa mengerti rincian tugas Pungut, Hitung, Rekap serta tata cara penulisan di kerja-kerja dan pelaporannya. Sementara di materi terakhir ditutup oleh Heri Suntaro yang mengambil tema ‘Menggalang, Mengawal dan Menjaga Suara Dikaitkan dengan Fungsi dan Pokok Saksi setelah Hari H’.
TOT saksi kali ini merupakan TOT desk saksi ke 31 yang diadakan DPW Partai NasDem Jawa Barat.

Desk saksi DPW NasDem melalui koordinatornya Hendi Sutresna menyatakan bahwa target untuk melaksanakan TOT desk Saksi sampai ke tingkat DPC se-Jabar sesuai dengan rencana (Desember 2016). Selanjutnya TOT Desk Saksi untuk tingkat DPRt tingkat TPS se-Jabar direncanakan akan selesai sebelum HUT Partai NasDem ke 6 pada November 2017 mendatang.

Sampai bulan Desember ini, sudah ada beberapa DPD yang melaksanakan TOT Desk Saksi sampai ke tingkat DPRt. Mereka adalah DPD Partai NasDem Kota Tasikmalaya, Kab Bekasi, Kota Cimahi, Kota Banjar, Kota Bogor dan Kota Cirebon.

Untuk ketiga daerah yaitu Kota Tasikmalaya, Cimahi dan Kabupaten Bekasi, rencananya akan melaksanakan TOT saksi sampai ke tingkat TPS pada bulan Januari 2017, karena ke tiga daerah itu akan melaksanakan Pilkada serentak pada Februari 2017.(Sondang/*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: