NasDem Ingin Rupiah Setara Dolar Singapura

0

JAKARTA (11 Januari): Fraksi NasDem DPR RI terus berjuang agar RUU Redominasi masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2017. Alasannya, agar nilai rupiah bisa ‘setara’ dengan nilai mata uang negara tetangga seperti Singapura.

Anggota Komisi XI DPR RI, Donny Imam Priambodo, mengusulkan redominasi rupiah dapat dilakukan dengan mengurangi tak hanya tiga digit, tetapi sampai empat digit.

“Masalah ini kan tinggal soal kebiasaan saja pada masyarakat, bahkan masyarakat bisa menerima karena bukan sanering (pemotongan nilai uang),” papar Donny, di Jakarta, Rabu (11/1).

Legislator asal Dapil Jawa Tengah III ini menilai, memang merepotkan dengan banyaknya digit pada rupiah. Oleh karenanya Donny mempunyai saran, melalui kebijakan redominasi, nilai Rp 1 juta misalnya, bisa diperkecil menjadi Rp 1.000.

“Tapi akan lebih bagus lagi kalau mengecilkan itu sampai 4 digit,” jelasnya.

Meski begitu, diakui Donny, tidak mudah untuk menyesuaikan redominasi rupiah ini. Prediksinya, masyarakat baru akan terbiasa dalam jangka waktu sekitar 3 hingga 5 tahun.

“Artinya begitu ada redenominasi, uang lama tetap berlaku, namun secara perlahan akan ditarik,” ucapnya.

Maka dari itu, sambung politisi NasDem ini, diperlukan kajian mendalam terkait biaya redominasi ini. Pembahasan komprehensif dengan pemerintah dan Bank Indonesia harus terus dilakukan secara inten.

“Yang jelas DPR mendukung adanya redenominasi, karena langkah ini secara psikologis akan mempengaruhi mata uang kita di pasar,” pungkasnya.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: