NasDem Putuskan Cagub Jatim Berdasarkan Survei

0

MALANG, JATIM (2 Februari): Partai NasDem akan mendukung calon gubernur Jatim pada pilkada yang akan digelar 2018 setelah melakukan survei. NasDem memiliki beberapa kriteria, tentunya figur calon yang memiliki elektabilitas dan memang dicintai masyarakat Jawa Timur.

Hal demikian disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Jawa Timur, Rendra Kresna, Kamis (02/02).

“NasDem percaya dengan Survei independen. Selama ini sudah NasDem lakukan, agar bisa mengetahui figur yang memang dicintai atau diinginkan masyarakat. Hasil itu nantinya akan menentukan sikap NasDem di Pilgub Jatim,” ujar Rendra Kresna, yang juga Bupati Malang itu.

Lebih jauh Rendra juga mengatakan, beberapa figur yang kini sudah meramaikan bursa kandidat antara lain anggota DPR RI dari NasDem dan mantan Bupati Probolinggo, Hasan Aminudin, Wagub Jawa Timur Saifullah Yusuf, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, serta Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

“Apakah itu Pak Hasan Aminudin, Gus Ipul, Bu Khofifah dan Bu Risma yang akan mungkin nanti disurvei NasDem. Survei bisa kapanpun, karena hanya butuh seminggu dan hasilnya bisa diketahui,” jelas Rendra.

Ditambahkan pula oleh Rendra, bagi NasDem Jawa Timur adalah penyokong ekonomi Indonesia, nomor ke dua setelah ibukota. Potensi ini harus tetap dijaga oleh calon yang nantinya terpilih sebagai gubernur.

Khusus untuk Gubernur Jawa Timur mendatang, harus mampu mengolah dan memajukan potensi tersebut. Selain mempertahankan kebudayaan menjadi ciri khas dari warga Jawa Timur.

“Masyarakat kita memiliki karakteristik mengedepankan kesantunan, beradab, menjaga kerukunan. Itu harus juga bisa dipertahankan. Selain, umat Islam mendominasi bisa semua dirangkul oleh gubernur terpilih, meskipun mereka memiliki organisasi atau kiblat yang berbeda-beda. Itu beberapa hal yang bagi NasDem mampu diemban oleh gubernur terpilih,” jelas Rendra lagi.

Partai NasDem memang tak bisa mengusung calon gubernur dan wakil gubernur sendirian. Jumlah kursi yang dimiliki di DPRD Jatim hanya 4 dan harus berkoalisi dengan partai lain untuk bisa memenuhi persyaratan 20 kursi baru bisa mencalonkan pasangan calon. (*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: