Garda Pemuda NasDem Harus Kawal Kebinekaan dan Persatuan Bangsa

0

JAKARTA (14 Februari): Kongres I Garda Pemuda NasDem di Mercure Hotel Ancol 12-13 Februari 2017, selain menetapkan ketua umum terpilih Prananda Surya Paloh melalui forum tertinggi organiasi, Dewan Pimpinan Pusat Garda Pemuda NasDem juga menjadikan acara ini untuk konsolidasi kebangsaan di tengah tergerusnya semangat kemajukan dan keragaman.

Hal ini ditandaskan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat memberikan amanatnya di Kongres I Garda Pemuda NasDem, Senin (13/2).

“Atas nama kemajemukan dan keragaman, Pemuda NasDem harus menjadi Garda terdepan untuk mengawal kebhinekaan dan persatuan bangsa,” ujar Surya Paloh.

Oleh karena itu, kehadiran Pemuda NasDem di tengah masyarakat bukan hanya sebagai bagian dari entitas partai politik semata, tetapi harus mampu mengejewantahkan cita-cita para pendiri bangsa sesuai yang diamanahkan Pancasila dan UUD 1945.

Lebih lanjut ditegaskan Surya Paloh, tugas sejarah kader Garda Pemuda NasDem adalah harus mampu menjawab tantangan kebangsaan yaitu mengawal dan membangun kesatuan Nasional sesuai jati diri bangsa. Oleh karena itu, kader pemuda NasDem harus berperan aktif menjaga kembali pilar-pilar kebinekaan, kebangsaan yang saat ini sedang mengalami ujian.

“Sebagai inisiator Partai NasDem, saya menaruh harapan lebih kepada Pemuda NasDem, sebab tugas kita sebagai kader partai politik, bukan hanya perkara mengejar kekuasaan dan kehormatan segelintir orang. Sebab, yang utama dalam politik adalah kerelaan untuk mengabdi, membangun politik dengan spirit ideologi serta politik yang penuh moralitas,” tandasnya.

Selain konsistensi untuk tetap menggerakkan politik gagasan, prioritas Garda Pemuda NasDem ke depan adalah mengembangkan dan membantu pemerintah dalam menjalankan program-program pembangunan, khususnya pemberdayaan masyarakat pedesaan sesuai dengan Resolusi Kongres yang dihasilkan.

Forum Kongres ini juga memutuskan orientasi Garda Pemuda NasDem ke depan adalah program pengembangan kader dan pemberdayaan masyarakat seluas-luasnya.

Sementara itu dalam sambutan singkatnya, Ketua Umum Terpilih Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh mengingatkan kembali pesan Bung Karno untuk menjaga spirit Tat Twam Asi (aku adalah engkau, engkau adalah aku). Tat twam asi adalah ajaran kesusilaan yang menjunjung tinggi kemanusiaan dan persaudaraan. Hal ini penting untuk menjaga keberagaman. Di samping itu, Prananda juga mengajak pemuda untuk menyusun program pembangunan desa sebagai bentuk keteladanan di tengah rakyat.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: