NasDem Sapu Bersih Pilkada di Maluku

0

MALUKU (18 Febrari): Pasangan calon (paslon) yang diajukan Partai NasDem memenangi pemilihan kepala daerah (pilkada) di lima kabupaten/kota di Maluku.

Lima daerah itu ialah Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Buru, Kabupaten Seram Bagian Barat, dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

“Di Maluku ada lima dae­rah yang menggelar pilkada. Semua calon yang diusung Partai NasDem menang, baik berdasarkan data dari kader, hitung cepat, maupun real count versi Komisi Pemilihan Umum (KPU),” kata Ketua DPW Partai NasDem Maluku Hamdani Jumat, (17/02).

Hamdhani menyatakan kemenangan itu berkat soliditas tim sukses dan penerimaan publik terhadap calon yang ditawarkan.

Berdasarkan data real count KPU per pukul 19.00 WIB, pilkada Kota Ambon diungguli oleh pasangan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler yang diusung Partai NasDem, Golkar, dan PPP.

Sementara di Maluku Tengah, calon yang diusung Partai NasDem dan parpol lainnya, Tuasikal Abua-Marlatu L Leleury, meraih 69,87% melawan kotak kosong yang meraih 30,13%.

Sedangkan di Kabupaten Buru dimenangi pasangan Ramly I Umasugi-Amus Besan yang diusung Partai NasDem, Golkar, PDIP, Demokrat, Gerin­dra, Hanura, PBB, PAN, dan PKPI.

Untuk di Maluku Tenggara Barat, pasangan Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly yang diusung Partai NasDem, De-mokrat, Gerindra, Hanura, dan sejumlah parpol lain meng-ungguli perolehan suara.

Dari Kabupaten Seram Bagian Barat, data yang masuk ke real count KPU baru 13,07%. Akan tetapi, berdasarkan quick count Media Survei dan Strategi, pasangan Yasin Payapo-Timotius Ake­rina yang diusung Partai NasDem-Hanura mengungguli tiga pasangan lainnya.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: