Strategi Kemenangan NasDem di Pilkada Serentak 2017

0

JAKARTA (3 Maret): Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2017 yang baru saja dilangsungkan di 101 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, Partai NasDem menduduki peringkat ke dua perolehan nasional dengan 47 kemenangan.

Fakta ini sekaligus menjadi bukti jika Partai NasDem telah mampu menumbangkan partai-partai besar yang telah lebih dulu ada.

NasDem hanya bisa dikalahkan oleh Golkar yang memperoleh 54 kemenangan. Data tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Instrat Jalu Pradhono Priambodo di Hotel Mitra, Kota Bandung, Kamis, (02/03).

Menanggapi data yang disampaikan Direktur Eksekutif Instrat tersebut, Sekretaris Bappilu DPP NasDem, Willy Aditya menyatakan perolehan NasDem tak terlepas dari strategi yang diterapkan NasDem.

“Kami punya strategi Play to Win, Riset dan tidak birokratis,” ujar Willy di Jakarta, Jumat (03/03).

Lebih jauh Willy juga memaparkan, kemenangan NasDem tahun 2017 ini merupakan konsintensi dengan apa yang sudah diraih di Pilkada serentak 2015 lalu.

“Kontinuitas kemenangan ini hanya menjadi starting point agar mereka yang sudah terpilih menjadi gubernur, bupati atau wali kota agar benar-benar amanah dan melayani rakyat, memenuhi janji-janjinya ketika kampanye. Ini harus menjadi perhatian bersama,” tegas Willy

Meskipun secara jumlah Partai Golkar terlihat memenangi perolehan, namun Jalu Pradhono Priambodo mengatakan, ternyata Golkar kalah efektif oleh NasDem dan PKB. Dengan total usungan 98 kandidat, Partai Golkar hanya mampu menang di 55% daerah yang artinya kalah di 45% daerah lainnya.
“NasDem dan PKB berhasil memenangkan 56% kandidat yang diusungnya,” ucapnya.

Sementara jika melihat peta koalisi, maka koalisi yang melibatkan Partai NasDem-Partai Golkar merupakan koalisi tersukses dengan meraih 32 kemenangan, disusul Partai Demokrat-Golkar 30 kemenangan, Partai Golkar-PAN 27 kemenangan, PDIP-Partai Golkar, PDIP-PAN dan PDIP-Partai Nasdem masing-masing 25 kemenangan, Partai Golkar-Partai Hanura dan Demokrat-PKS 24 kemenangan.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: