Pemilu 2019 NasDem Kota Pontianak Targetkan 9 Kursi

0

PONTIANAK, KALBAR (12 Maret):  Ketua DPD Nasdem Kota Pontianak, Firdauz Zarin, dilantik langsung oleh Ketua NasDem Kalimantan Barat, Syarief Abdullah Alkadrie, Sabtu (11/03).  Firdauz dilantik bersama dengan pelantikan Ketua DPC dan DPRt se Kota Pontianak.  Pelantikan ini juga menjadi ajang konsolidasi dan Rapat Kerja Daerah (rakerda) NasDem se Kota Pontianak untuk membahas strategi pemenangan.

Dalam sambutannya, Syarief Abdullah Alkadri mengingatkan para kader partainya untuk menghadapi agenda-agenda besar dalam tahun 2018-2019 mendatang dan mempersiapkan sebaik mungkin dalam memenangkan setiap pertarungan yang ada.

nasdem kota pontianak

“Ada beberapa agenda besar 2018-2019 nanti, ada lima Pilkada dengan rincian empat Pilkada Kab-Kota dan 1 Gubernur serta Pileg dan Pilpres,” ujar Syarief dihadapan kader NasDem Kota  Pontianak.

Syarief juga menegaskan, sudah tentu sebagai Parpol pasti mempunyai target memenangkan pertarungan yang ada termasuk Pilgub dan Pilkada Kabupaten Kota se-Kalbar. Syarief juga menegaskan, siapapun yang mendapat apresiasi dan mendapat tempat di masyarakat harus didukung.

“Jangan pakai gaya lama. Selaku ketua DPW atau DPD maka dia harus maju sebagai calon. Kita lihat siapa yang mempunyai potensi dan mendapat tempat dimasyarakat. Jika sudah menjadi keputusan partai maka semua kader harus mentaati itu,” tegasnya.

Sementara itu Firdauz mengatakan, pelantikan ini juga sebagai sarana konsolidasi partai hingga ranting.

“Jadi biasalah ini namanya juga menguatkan struktur organisasi sampai ke basis. Pelantikan ini adalah momentum kebangkitan dan untuk memulai langkah-langkah kerja. Walaupun sudah lebih dari setahun DPD mendapat SK tapi belum dilantik,” ungkapnya setelah dilakukan pelantikan, Sabtu (11/03) malam.

nasdem kota pontianak2

Firdaus yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak menjelaskan, acara akan dilanjutkan dengan Rakerda, untuk menyusun peta kekuatan mulai dari Pilwako dan Pilgub 2018 serta Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

“Jadi rakerda itu adalah membahas strategi pemenangan. Sekarang ini sudah kita siapkan secara struktur organisasi untuk Pilwako. Kita juga harapkan para pemilih suara NasDem di Kota Pontianak tetap setia seperti yang didapatkan saat Pileg yang melenggangkan enam kursi DPRD dari NasDem,” ujarnya.

Firdauz juga menjelaskan jumlah yang dilantik mulai dari DPD sampai DPRt berjumlah 170 orang.

“DPD 24, setiap DPC hanya 8 orang dan ada enam DPC. Sedangkan DPRt tingkat kelurahan hanya ada 3 orang. Selain itu juga ada sayap partai, Garda Pemuda, Garnita, Gemuruh, Petani Nasdem, Liga Mahasiswa yang dilantik bersamaan,” ungkapnya.

Firdauz juga menjelaskan peta politik di Pontianak yang tidak terlepas dari peta perpolitakan nasional. Namun dikatakannya, garisnya dimulai dari DPP, namun style-nya mengikuti gaya Kota Pontianak yang penduduknya heterogen. Jadi perekrutan kader juga nasionalis dari berbagai kalangan. Begitu juga dengan Pilwako.

nasdem kota pontianak3

“Pilwako juga akan kita persiapkan dengan sebaiknya, siapapun yang menggunakan perahu NasDem baik wali kota atau wakil nanti kita harus menang,” harapnya.

Melihat penomena nasional, Pilkada Landak, dan Pilkada Singkawang, NasDem selalu merapat pada PDIP, Firdaus katakan tidak menutup kemungkinan di Pontianak juga berkoalisi, asalkan ada kesamaan pandangan dan visi misi.

Sementra untuk target Pileg 2019 mendatang Firdaus punya target tersendiri.

“Untuk 2019 NasDem Kota Pontianak menargetkan 9 kursi, saat ini ada 6 kursi. Target kita 2019 mendatang Dapil Barat 2, Kota 2, Selatan-Tenggara 2, Timur 1 dan Utara 2. Jadi kita menargetkan 9 kursi dengan modal enam kursi yang ada saat ini. Untuk mencapai itu Nasdem melakukan penguatan sampai distruktur TPS, yang mencapai 1373 TPS. Selain itu juga dilakukan rekruitmen setiap TPS sebanyak 5 orang. Ranting akan mengkoordinir itu,” jelasnya.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: