KH Hasyim Muzadi Banyak Beri Keteladanan

0

JAKARTA (16 Maret): Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh turut berduka atas wafatnya Kiai Hasyim Muzadi. Buat Surya Paloh, Hasyim merupakan tokoh masyarakat sekaligus sahabat dekat.

“Seluruh keluarga besar Partai NasDem menyampaikan rasa turut bela sungkawa,” kata Surya di DPP Partai NasDem, Jalan RP Suroso Menteng Jakarta, Kamis (16/03).

Surya mengaku sangat kehilangan. Hal itu mengingat, dia sudah mengenal Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) periode 1999-2009 itu, sejak lama.

“Berdiskusi, berbicara, berbagi pandangan, pikiran, terutama yang menyangkut masalah kemaslahatan kehidupan perjalanan bangsa yang kita cintai ini,” Ungkap Surya.

Surya teringat, ketika tsunami di Aceh pada 2004. Hasyim Muzadi adalah tokoh pertama yang diajaknya untuk mendampingi kegiatan sosial di lokasi bencana. Ulama besar NU itu membantu dengan sabar dan penuh kerendahan hati.

Hasyim Muzadi juga dinilai punya andil besar atas lahirnya Ormas Nasional Demokrat. Ia banyak memberi dukungan dan masukan sejak NasDem masih berbentuk organisasi kemasyarakatan.

Hasyim juga menjadi teman diskusi Surya Paloh selama membangun NasDem. Kepada Surya, Hasyim juga sering mengutarakan harapannya terhadap keberadaan NasDem.

“Agar partai ini bisa memberikan sesuatu yang tidak biasa-biasa saja bagi arti kehidupan kebangsaan kita,” ungkap Surya, seperti dilansir dari metrotvnews.com.

Surya berharap akan banyak lahir tokoh-tokoh seperti Hasyim Muzadi. Hasyim, bagi dia, bukan cuma tokoh Nahdliyin tetapi juga tokoh nasionalis. Sebab, pemikiran-pemikiran Hasyim selalu mengajak pada persatuan dan kesatuan bangsa.

“Saya pikir beliau telah memberikan banyak keteladanan,” pungkas Surya.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: