NasDem Kaltim Terima 386 Pendaftar Bacaleg

0

SAMARINDA, KALTIM (16 Maret): Program NasDem Memanggil yang digelar seluruh Indonesia, mendapat sambutan antusias dari masyarakat di Kalimantan Timur (Kaltim).  NasDem Memanggil adalah Penjaringan Bakal Calon Legislatif dalam menghadapi Pemilu 2019 mendatang.

“Kami ingin menjaring wakil rakyat terbaik. Tentunya tanpa mahar. Target kami, lebih dari satu kursi untuk DPR RI, 12 kursi di DPRD Kaltim, serta satu fraksi di DPRD kabupaten/kota,” tegas Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) NasDem Kaltim, Bambang Susilo, Rabu (15/03).

Saat ini, NasDem memiliki dua kursi di DPRD Kaltim. Di beberapa kabupaten/kota, NasDem juga memeiliki kursi. Mantan anggota DPD RI itu mengatakan, kemarin merupakan batas akhir pendaftaran bacaleg parpol yang bermarkas di Jalan Gatot Subroto itu. Tercatat, ada 386 kader dan non-kader yang mencoba peruntungan menjadi legislatif.

“Mereka yang mendaftar sebagai bacaleg, berasal dari seluruh Kaltim. Pendaftaran untuk DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, dan DPR RI. Rinciannya, 80 persen kader, dan 20 persen non-kader. Insya Allah saya juga maju ke DPR RI,” jelas Bambang.

Lebih jauh Bambng juga menyebut, mulai Kamis (16/3) hari ini hingga 31 Maret mendatang, akan dilakukan verifikasi berkas. Pada 1 April, NasDem Kaltim baru akan mengumumkan nama-nama bacaleg yang lolos verifikasi.

“Ada persyaratan administrasi umum dan khusus. Jika salah satu tidak dipenuhi, akan gugur. Namun, untuk melengkapi berkas, kami beri waktu hingga tanggal 20 Maret. Kan, ada juga teman-teman di daerah yang membutuhkan waktu untuk melengkapi berkas. Jadi kami beri kelonggaran,” paparnya.

Lebih rinci lagi, Bambang menjelaskan, pada 1 Januari 2018 mendatang, akan dilakukan survei internal untuk menentukan daftar calon sementara (DCS).

“Survei ini menggandeng lembaga independen yang sudah terakreditasi,” jelasnya.

Pendaftaran bacaleg NasDem ini lebih awal digelar serentak di seluruh Indonesia.

“Ada tiga PO (peraturan organisasi) NasDem. PO 1 tentang bacaleg, PO 2 mengenai bappilu, serta PO 3 tentang komisi saksi. Jadi, juklak (petunjuk dan pelaksanaan) itu berlaku di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya, untuk pendaftaran bacaleg DPR RI dan DPRD Kaltim, dilakukan di Nasdem Kaltim. Sementara DPRD Kabupaten/Kota di masing-masing pengurus DPD NasDem.(*)

 

Pendaftar Bacaleg NasDem

DPR RI                                              10

DPRD Kaltim                                      21

DPRD Samarinda                               60

DPRD Balikpapan                               50

DPRD Bontang                                   30

DPRD Kutai Timur (Kutim)                  40

DPRD Penajam Paser Utara (PPU)    30

DPRD Paser                                        40

DPRD Kutai Kartanegara (Kukar)        40

DPRD Kutai Barat (Kubar)                   20

DPRD Mahakam Ulu (Mahulu)            10

DPRD Berau                                        35

TOTAL                                               386

Leave a Reply

%d bloggers like this: