Bangun Demokrasi dengan Politik Tanpa Mahar

0

BANDUNG, JABAR (20 Maret): Partai NasDem resmi mengusung Ridwan Kamil (Kang Emil) dalam Pilkada Jawa Barat. Partai pimpinan Surya Paloh ini menjadi partai pertama yang mengusung calon dalam pilkada Jabar 2018.

Surya menegaskan, sebagai partai baru dengan semboyan politik tanpa mahar, Partai NasDem sedang membangun paradigma baru dalam kancah politik dan demokrasi di Indonesia. Mereka berani mendahului partai besar dalam pencalonan karena Partai NasDem tak hanya mencari pemimpin, tetapi mencari negarawan.

“Partai NasDem telah merekam jejak apa yang Ridwan Kamil lakukan, maka dengan ini menyatakan sepenuh hati mendukung dan mencalonkan Ridwan Kamil,” seru Surya di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Minggu 19 Maret 2017.

Sebelum deklarasi dilakukan, ia menegaskan, Ridwan Kamil sepakat dengan tiga syarat yang diajukan Partai NasDem.

“Pertama, apabila rakyat telah memberikan amanah dan menempatkan sebagai Gubernur Jawa Barat, dalam melaksanakan fungsi, peran, dan tugas jabatan yang diemban, Ridwan Kamil harus bisa menjadikan Jabar sebagai benteng Pancasila yang melindungi seluruh warga masyarakat Jabar,” tegas Surya.

Dengan menjadi benteng Pancasila, Kang Emil harus menjaga semangat kemajemukan dan pluralisme dalam keseharian.

Syarat kedua, ketika memenangi pilkada, Ridwan Kamil harus menjadi milik masyarakat Jabar dan seluruh parpol.

Surya meminta agar Emil tidak bergabung dengan partai mana pun, termasuk Partai NasDem agar terbebas dari intervensi politik dan golongan.

Syarat ketiga, Ridwan Kamil harus mampu mengonsolidasikan roda pemerintahan di bawah dirinya.  Ia harus membawa peran serta masyarakat dalam memahami arti pembangunan nasional sekaligus mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Ridwan Kamil menyatakan siap menerima amanah untuk membangun Jabar. Ia pun berjanji memberikan yang terbaik, salah satunya menjaga keutuhan NKRI.

“Siapa saja yang memecah belah, harus kita lawan. Kakek saya pejuang, uwak saya pejuang. Jadi, itu yang selalu hadir di diri saya sehari-hari,” tegas Ridwan Kamil yang mendulang 225 penghargaan dalam waktu 3,5 tahun memimpin Kota Bandung.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: