Dua Strategi Usung Rai Mantra

0

DENPASAR, BALI (31 Maret): NasDem Bali telah siapkan dua skenario untuk mengusung walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra alias Gus Rai dalam pemilihan gubernur Bali tahun 2018. Baik jalur partai maupun independen.

Ketua NasDem Bali IB Oka Gunastawa mengatakan komunikasi intens telah dibangun dengan sejumlah partai untuk membangun kendaraan koalisi.

NasDem memang harus menggandeng partai lain karena hanya mengantongi dua kursi di DPRD Bali. Dibutuhkan 9 kursi lagi untuk memenuhi syarat 20 persen atau setara 11 kursi dewan.

“Komunikasi sudah cukup positif dengan beberapa partai seperti Gerindra, Hanura dan PKPI. Bahkan Demokrat juga dijajaki,” ujar Gunastawa, seperti dilansir metrotvnes.com.

Di DPRD Bali Gerindra mengantongi 7 kursi, Hanura 1 kursi dan PKPI 1 kursi dan PAN 1 kursi. Jika dijumlahkan dengan NasDem menjadi 12 kursi.

“Kita maunya aman, kalau Demokrat gabung kan dia punya 8 kursi. Totalnya jadi 20,” kata Gunastawa. Dikatakan politikus asal Karangasem itu partai-partai tersebut memang belum membuat keputusan. Pasalnya ada mekanisme di internal masing-masing dalam rangka penentuan calon.

“NasDem menghargai proses internal partai masing-masing, kita tunggu saja seperti apa hasilnya,” tambah Gunastawa.

Sementara itu, menanti proses negosiasi antar partai, NasDem bersama relawan pendukung Gus Rai menyiapkan skenario alternatif melalui jalur perseorangan atau independen. Tim telah bekerja mengumpulkan KTP dalam beberapa bulan terakhir. Jika negosiasi antar partai kandas maka jalur independen jadi pilihan.

“Intinya NasDem sudah memutuskan Usung Rai Mantra, baik itu lewat partai atau independen,” tutup Gunastawa.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: