NasDem Perjuangkan Sistem Pemilu Proporsional Terbuka

0

LAMPUNG (1 April): Partai NasDem akan terus berusaha dan memperjuangkan sistem pemilu proporsional terbuka dalam undang-undang penyelenggaraan pemilu. Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPP Partai NasDem yang juga Komando Pemenangan Wilayah (Koperwil) Lampung, Taufik Basari saat menggelar konferensi pers di DPW Partai NasDem Lampung, Sabtu (1/4/2017).

Karena, lanjutnya, sistem proporsional terbuka mampu memfasilitasi keanekaragaman masyarakat dan melalui sistem ini mampu membangun kedekatan antara calon dan pemilih.

Selain itu, sistem proporsional terbuka juga memberikan kesempatan kepada pemilih untuk memberikan suara secara langsung, sehingga bisa memperkuat partisipasi dan kontrol publik.  Belum lagi dinamika internal partai cenderung dinamis, sehingga lebih menggairahkan infrastruktur partai.

“Kami dari Partai NasDem akan semaksimal mungkin agar sistem proporsional terbuka bisa diterapkan dalam pemilihan umum nanti,” tegas Taufik Basari yang didampingi sejumlah pengurus DPW Partai NasDem Lampung.

Di tempat yang sama, Sekretaris DPW Partai NasDem Lampung, Fauzan Sibron menambahkan, jikapun nantinya rancangan undang-undang penyelenggaraan pemilu lebih cenderung menetapkan sistem proporsional terbuka terbatas ataupun tertutup, namun Partai NasDem sebagai partai modern akan lebih mengutamakan sistem proporsional terbuka untuk para caleg Partai NasDem.

“Meskipun pada akhirnya nanti sistem pemilu harus memakai sistem proporsional yang tidak terbuka, kami akan tetap berkomitmen mengedepankan mekanisme proporsional terbuka dan tidak berdasarkan nomor urut,” terang Fauzan Sibron.(DPW NasDem Lampung/*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: