Soal Kemampuan Memimpin DKI Basuki 73% Anies 56%

0

JAKARTA (16 April): Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil surveinya tentang pasangan calon yang jadi ‘finalis’ di putaran kedua Pilkada Jakarta. Salah satu yang disurvei adalah tentang citra personal antara Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama dan Anies Rasyid Baswedan.

Direktur Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, ada beberapa indikator yang diteliti dalam poin citra personal calon. Sebelum memulai survei dengan poin citra personal, Indikator lebih dulu menanyai apakah responden tahu dengan sosok si calon.

“Calon Gubernur sudah dikenal oleh seluruh warga DKI,” kata Burhanuddin di Kantor Indikator, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (15/04).

Indikator citra personal yang pertama adalah pintar dan berwawasan luas. Hasil survei, sebanyak 87 persen responden menilai Ahok punya poin itu. Sementara, Anies meraih angka 84 persen.

Lalu, dari segi perhatian terhadap rakyat. Burhanuddin mengatakan 74 persen responden menilai Ahok perhatian kepada rakyat. Sedangkan, Anies hanya mendapat 64 persen.

Sebanyak 65 persen responden menilai Ahok jujur, bisa dipercaya, dan bersih dari korupsi. Dengan kategori yang sama, Anies hanya memperoleh 55 persen.

Sebanyak 64 persen responden menilai Anies tegas dan berwibawa. Sedangkan, sebanyak 85 persen menilai Ahok dengan karakter serupa.

Sebanyak 73 persen responden menilai Ahok mampu memimpin DKI. Kemudian, 56 persen menilai Anies bisa memimpin Ibu Kota.

Ahok kalah dalam indikator kesantunan dan penampilan. Sebanyak 88 persen responden menilai Anies ramah dan santun. Sedangkan Ahok, hanya mendapat 49 persen.

Dari sisi penampilan, sebanyak 72 persen menilai Ahok menarik dan ganteng. Sedangkan, 80 persen responden menilai Anies yang ganteng dan santun.

Indikator Politik melakukan survei pada 12-14 April 2017. Dalam survei ini, jumlah sampel awal ditetapkan sebanyak 1000 responden. Namun, yang berhasil diwawancarai sebanyak 495 orang (49,5%).

Margin of error alias toleransi kesalahan survei ini sekitar 4,5 persen. Tingkat kepercayaannya, 95 persen dengan asumsi simple random sampling.

Hasil survei, Anies-Sandi unggul tipis dengan 48,2 persen suara. Sedangkan, pasangan Ahok-Djarot 47,4 persen. Sebanyak 4,4 persen responden, belum menentukan pilihan.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: