Komitmen NasDem Lestarikan Lingkungan

0

DEMAK, JATENG (23 April): Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jawa Tengah, Setio Maharso mengungkapkan kondisi ekosistem mangrove pantai utara Jawa Tengah bahwa garis pantai sepanjang 453,9 Km hampir semuanya terkena abrasi. Bahkan, beberapa daerah dari 13 kabupaten/kota, banyak desa yang telah hilang. Hal inilah yang mendorong Partai NasDem bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menggelar kegiatan penanaman bibit mangrove di Demak, Jawa Tengah dalam rangka peringatan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April.

“Partai  NasDem bekerjasama dengan Kementerian LHK berusaha merestorasi, walaupun ini merupakan gerakan pertama tetapi akan berkelanjutan, sehingga nanti menjadikan pantai utara kembali seperti semula,” ujar Setio Maharso di sela-sela kegiatan penanaman bibit mangrove di Demak, Jawa Tengah, Sabtu (22/4).

Lebih lanjut, Setio mengungkapkan dalam mengimplementasikan gerakan ini, NasDem juga bekerjasama dengan dengan komunitas-komunitas pecinta mangrove, seperti diketahui mangrove merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa menahan abrasi air laut terhadap daratan terutama di pantai utara Jawa Tengah.

“Mudah-mudahan dengan sumbangsih dari kader-kader Partai NasDem di Jawa tengah terutama di pantai utara bisa menjadikan masyarakat Jawa Tengah sadar akan lingkungannya dan bisa menjaga ekosistem biota laut yang selama ini sudah terpinggirkan,” harap Setio.

Sementara itu anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI, Fadholi mengungkapkan gerakan serentak ini bukan hanya penanaman mangrove tetapi juga akan melihat satu ekosistem yang lainnya termasuk di aliran sungai yang menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan untuk ditangani bersama.

“Kemudian kita juga melakukan penanaman pohon. Kalau yang di pantai utara kita menanam mangrove, kalau yang di daerah-daerah yang kemungkinan terkena satu arus longsor dan sebagainya kita berikan satu tanaman reboisasi bersama-sama,” ujar Fadholi.

Legislator NasDem asal daerah pemilihan Jawa Tengah I ini juga menjelaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya sebatas awal saja, tetapi akan terus dilakukan dengan mengajak seluruh komponen.

Sebelumnya diketahui Partai NasDem menggelar penanaman mangrove di Kabupaten Rembang, Demak, Jawa Tengah. Kegiatan penanaman mangrove ini dinamakan kegiatan restorasi pantai utara Jawa Tengah yang merupakan inisiasi Partai NasDem bekerjsama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Kegiatan penanaman bibit mangrove ini digelar serentak di 13 kabupaten/kota sepanjang pantai utara Jawa Tengah dengan total 40.000 bibit mangrove yang ditanam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Jaksa Agung HM Prasetyo, Ketua Fraksi DPR RI Partai NasDem Viktor Laiskodat, Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem Siswono Yudho Husodo, dan jajaran fungsionaris Dewan Pimpinan Pusat (DPP) maupun Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jawa Tengah.(Fahrudin Mualim/*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: