Sekali Kayuh Dua Tiga Pulau Terlampaui

0

PALANGKA RAYA, KALTENG (15 Mei): Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) akan menggelar pilkada 2018 mendatang di 10 Kabupaten dan 1 Kota. Untuk mengikuti pesta demokrasi serentak tersebut, NasDem Kalimantan Tengah membuka pendaftaran Bakal Calon (Bacalon) Kepala Daerah sejak 17 Maret hingga 10 April lalu.

“NasDem merupakan partai pertama yang membuka pendaftaran. Jumlah pendaftar di NasDem Kalteng, sebanyak 119 orang untuk keseluruhan wilayah pilkada dan yang terjaring mencapai 82 orang,” ujar Faridawaty Darland Atjeh, SE, MM, Ketua DPW NasDem Kalteng, Minggu (14/05).

Farida juga menjelaskan, setelah terjaring 82 orang, kemudian dilakukan penjaringan di tingkat provinsi melalui sesi wawancara yang sedang dilakukan sejak 4 Mei lalu hingga hari ini, 15 Mei.

“Kami juga mewajibkan survei untuk seluruh pendaftar yang terjaring. Ini sesuai petunjuk DPP, yaitu paslon memilih 1 di antara 5 lembaga survei yang ditetapkan DPP,” tambah Farida.

Penjaringan yang dilakukan di Kantor DPW NasDem Provinsi Kalteng, di Jln Adonis Samad Palangka Raya itu dilakukan setiap hari dari tanggal 4 sampai 15 Mei 2017 sejak pukul 08.15 hingga pukul 21.30 Wib.

“Hampir semua petahana baik kepala daerah atau wakil kepala daerah yang dapat dan berkeinginan maju lagi, mendaftar di NasDem. Ini dimungkinkan karena hasil pemilu 2014 lalu, NasDem memiliki kursi di 14 kabupaten/kota kota yang ada di Kalteng,” tegas Farida.

Farida juga menuturkan, sejak NasDem membuka pendaftaran untuk bakal calon kepala daerah, sambutan masyarakat luar biasa.

“Sampai hari ini, NasDem menduduki peringkat pertama pendaftar paling banyak. Mungkin masyarakat begitu menyambut baik cara politik Partai NasDem yang Tanpa Mahar,” ujar Farida dengan bangga.

Seperti diketahu, NasDem tidak memungut biaya apapun. Sehingga antunsias masyarakt tidak terhalangi dan jadilah NasDem tidak hanya mendapatkan nama-nama calon kepala daerah yang bagus dan banyak pilihan, tapi juga bakal calon legislatif.

“Karena tidak sedikit diantaranya yang juga sudah berikhtiar jika gagal diusung akan tetap maju nyaleg dari Partai NasDem,” papar Farida.

Setidaknya, apa yang disampaikan Farida bisa dibuktikan dengan setelah selesai wawancara, beberapa di antara bacalon yang bagus tersebut, langsung menandatangani formulir kesediaan masuk atau menjadi kader Partai NasDem.

“Sekali mendayung, 2-3 pulau terlampaui,” canda Farida.

Dengan apa yang sudah NasDem Kalteng lakukan, mereka berkeyakinan, target memenangkan paling sedikit 6 pilkada dari 11 yang ada dapat tercapai.

“Dan kita adalah satu-nya partai yang memberi piagam atau ucapan terima kasih kepada semua bacalon yang sudah sampai tahapan proses penjaringan di provinsi atas kepercayaannya kepada Partai NasDem,” pungkas Farida. (*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: