Jangan ada Gerakan Tanpa Bola

0

MALUKU (12 Juni): Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Maluku resmi membuka pendaftaran Bakal Calon (Balon) Gubernur – Wakil Gubernur Maluku tahun 2018, yang akan dimulai tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2017 mendatang di DPW Partai NasDem Maluku.

Selain Balon Gubernur dan Wakil Gubernur, NasDem juga membuka pendaftaran Balon Walikota – Wakil Walikota Tual, Balon Bupati – Wakil Bupati Maluku Tenggara (Malra) yang akan menggelar Pilkada serentak dengan Pilkada Maluku.

Berbeda dengan partai politik lain, Partai NasDem berkomitmen mulai dari pendaftaran sampai dengan pemberian rekomendasi kepada salah satu calon kepala daerah terbaik tidak dipungut biaya satu sen pun alias tanpa mahar.

Komitmen ini disampaikan Laturua dalam konfrensi pers, yang berlangsung di kantor DPW NasDem Maluku, turut dihadiri Ketua Bapilu DPW NasDem, Ketua DPD Kota Tual, Ketua Bapilu DPD Maluku Tenggara dan fungsionar DPW NasDem Maluku, Minggu (11/06).

Tanpa mahar dimaksudkan Laturua, bukan berarti NasDem adalah partai yang mempunyai banyak duit dan kaya bila dibandingkan dengan partai yang lain, tetapi Partai NasDem akan memberikan edukasi politik kepada seluruh masyarakat Maluku, bahwa bertarung dalam proses politik untuk menjadi kepala daerah duit bukan segalanya.

“Duit bukan segala-segalanya untuk membatasi diri seseorang yang mendaftarkan dirinya menjadi kepala daerah di Partai NasDem,” ucapnya.

Lebih jauh Laturua menuturkan, DPW NasDem Maluku telah dibekali DPP NasDem untuk memberikan pelayanan kepada rakyat Maluku tanpa ada mahar apapun.

“Semua dana telah kami siapkan, tidak sebesar apa yang dikehendaki tetapi dengan kekurangan, kesederhanaan itulah kami berjalan,”ujarnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, Laturua menginstruksikan kepada seluruh fungsionaris Partai NasDem di DPW Maluku, DPD Maluku Tenggara dan DPD Tual untuk tidak melakukan gerakan tanpa bola, hindari diri untuk melakukan sesuatu yang bisa melemahkan, melunturkan semangat restorasi.

“Konkritnya tidak boleh minta uang dari kandidat, lobi-lobi satu atau dua jam, lobi diruangan 2X3 untuk mendapatkan duit dari kandidat dalam perkaya diri, dan bilamana ada yang melihat, menyaksikan dan terbukti, pintu partai terbuka lebar untuk saudara-saudara keluar sebelum saya keluarkan kalian,”tegasnya.

Sementara itu, kata orang nomor satu di DPW NasDem Maluku ini, untuk dasar pijakan dalam memberikan rekomendasi kepada putra-putri terbaik pada level provinsi, kabupaten dan kota bukan ada pada petahana, tetapi didasarkan pada pendekatan ilmiah yaitu melalui Lembaga Survei.

“Elektabilitasnya bagus dan dia bersih diri dari lingkungan itu berarti dia diberikan rekomendasi,”terangnya.

Sementara itu, ketua Bapilu DPW NasDem Maluku, Azis Latar mengatakan  proses penjaringan Balon Gubernur – Wakil Gubernur dilaksanakan oleh DPW NasDem, sedangkan untuk kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara, penjaringan dan penyarigannya dilakukan oleh masing-masing DPD.

Khususnya pengambilan formulir, pihaknya mewajibkan masing-masing Balon sendiri yang mengambilnya dan tidak boleh diwakilkan kepada utusan atau tim suksesnya.

“Pengambilan formulir pendaftaran pada 14-15 Juli 2017 mulai pukul 10.00 WIT sampai 16.00 WIT,”terangnya.  (Ongen/*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: