Mendag Enggar Dipuji Presiden Kendalikan Harga Pangan

0

JAKARTA (23 Juni):  Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengklaim bahwa harga pangan jelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H terkendali. Menurutnya, hal ini merupakan prestasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terjun langsung memantau stok dan fluktuasi harga di lapangan. Kader NasDem ini mengungkapkan, Presiden Jokowi yang memimpin langsung langkah pemerintah mengendalikan harga bahan kebutuhan pokok.

“Ini adalah orkestrasi yang langsung dipimpin oleh Bapak Presiden sendiri. Tanpa pengendalian yang ketat dari beliau, barangkali pengendalian ini tidak bisa terkendali. Jadi ini barangkali prestasinya ada pada beliau sendiri,” katanya di Gedung Kemendag, Jakarta, Kamis (22/06).

Politisi NasDem ini menuturkan, pada pekan ini telah terjadi peningkatan penjualan secara rata-rata sekitar 30% hingga 50%. Menurutnya, hal ini harus dipantau dengan baik agar setelah Lebaran pasokan dan harga tetap terkendali.

“Kita harus siap hari Senin pasokan harus tersedia kembali. Sebab begitu naik dia agak sedikit turun, dan kemudian peak nya lagi hari Kamis atau hari ini,” papar Enggar.

Meskipun di tahun-tahun sebelumnya H-3 Lebaran kondisi relatif aman, lanjut dia, namun pemerintah harus tetap memastikan bahwa pasokan tersedia di pasar ritel modern atau pun di warung. Pihaknya menekankan akan terus memantau harga hingga H+3 Lebaran.

“Dan kalau datang ke pasar tawar harganya. Karena orang pasti ada usaha untuk mendapat keuntungan sesuastu yang wajar. Jadi masyarakat tawar harganya, karena pasokannya cukup sekali dan perolehan harganya pun tidak berubah,” tegasnya.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: